Sejarah

Sejarah - Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga

Sekolah Pascasarjana ini sebelumnya bernama Program Pascasarjana yang pada awalnya dinamakan Fakultas Pascasarjana berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 1980 tentang Pokok-pokok Organisasi Universitas/Institut Negeri dan Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1981

Pada tahun 1991 Fakultas Pascasarjana berubah nama lagi menjadi Program Pascasarjana. Perubahan nama ini dilakukan berdasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0311/O/1991 tentang Penutupan Fakultas Pascasarjana dan Pembukaan Program Pascasarjana di Lingkungan Universitas dan Institut Negeri dan disahkan dengan Keputusan Rektor Universitas Airlangga Nomor 2444/ PT03.H/E/1992 tentang Penutupan Fakultas Pascasarjana dan Pembukaan Program Pascasarjana Universitas Airlangga.

Pada saat ini Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga mengelola program magister dan program doktor yang bersifat multidisiplin. Sementara, program magister dan program doctor yang bersifat interdisiplin dan monodisiplin dikelola oleh masingmasing fakultas. Model pengelolaan ini didasarkan pada Surat Keputusan Rektor Universitas Airlangga Nomor 1947/H3/KR/2011 tentang Penetapan Ruang Lingkup Program Studi dalam Katagori Monodisiplin, Interdisiplin, dan Multidisiplin.

Sejak Tahun 2019 Program Pascasarjana mengelola tujuh (7) program studi yang terdiri dari 6 program magister dan 1 program doktor. Magister multidisiplin yang dikelola adalah Ilmu Forensik, Imunologi, PSDM, Sains Hukum dan Pembangunan, Kajian Ilmu Kepolisian, Manajemen Bencana, dan Doktor multidisiplin yang dikelolah adalah PSDM. Namun, pada tahun 2021 akan dikembangkan beberapa program magister baru yaitu Ekonomi Kesehatan, Data Sciences (Business&Medicine), Strategic Studies, Digital and Creative Industries, Kewirausahaan, Farmasi Veteriner, dan Agribisnis Veteriner.

Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga pada tahun 2020 ini telah berusia 40 tahun. Sekolah Pascasarjana merupakan sinergi lintas disiplin ilmu (multidispliner) yang menjadi bagian penting Universitas Airlangga untuk mempersiapkan generasi masa depan yang trampil dan berpengetahuan luas guna mewujudkan Indonesia yang adil dan beradab.

Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga telah meluluskan ratusan alumni (lebih dari 124 alumni) yang menempati berbagai sektor penting, baik di instansi pemerintahan, korporasi maupun para profesional di beragam institusi nasional dan internasional. Besarnya jumlah alumni yang menggeluti berbagai profesi di masyarakat semakin mewarnai kemajuan pada tingkat lokal, regional, nasional, bahkan internasional

Akreditasi Nasional dan Internasional

Posisi Program Pascasarjana UNAIR saat ini tampak menggembirakan, 5 dari 7 program studinya (71%) telah terakreditasi A oleh BAN PT maupun LAMPTKes. Kondisi ini dilengkapi dengan rekognisi secara internasional dengan tergabungnya magister ilmu forensik dengan AFSN (Asia Forensic Sciences Network) serta kerjasama Sekolah Pascasarjana dengan Malawi University of Sciences and Technology. Terdapat puluhan institusi pendidikan tinggi kelas dunia dan lembaga pemerintahan yang telah menjalin kerjasama dengan Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga.

Hubungi kami

Sekolah Pascasarjana
Universitas Airlangga 

Kampus-B, Univ Airlangga
Gedung Sekolah Pascasarjana
Jl. Airlangga 4-6
Surabaya 60286
Indonesia

Email: adm@pasca.unair.ac.id
Telp: (031) 5041566, 5041536

Sosial-Media SPS UNAIR

Download Profil SPS UNAIR