AIRLANGGA FORUM #147

“POLWAN UNTUK NKRI:POLWAN SIAP MENDUKUNG PEMILU DAMAI UNTUK INDONESIA MAJU”

Berita UNAIR Pascasarjana, Kamis, 14 September 2023 – Airlangga Forum ke-147 menghadirkan sejumlah narasumber utama yang berbicara tentang peran polisi wanita (Polwan) dalam mendukung pemilu damai demi kemajuan Indonesia.Para narasumber ini memberikan wawasan dan pandangan mereka

tentang bagaimana Polwan dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga ketertiban selama pemilu serta memperkuat dasar dan kompetensi mereka.

Kombes Pol Dr. dr. Sumy Hastri, DFM, Sp. F, Kabid Dokkes Polda Jawa Tengah, menggarisbawahi pentingnya persiapan Polwan dalam mendukung pemilu damai dari segi kesehatan. la telah mengadakan pelatihan bagi rekan-rekan tenaga medis Polwan untuk membantu dalam situasi seperti Disaster Victim Identification (DVI).

“Pengalaman dari pemilu lima tahun lalu, yang sempat mengalami kerusuhan dan menyebabkan korban, membuat kita menyadari pentingnya kesiagaan Polwan”, ungkapnya. Polwan yang siaga dapat membantu dalam insiden tersebut dengan terlibat pra, selama, dan pasca kejadian. Untuk mengantisipasi hal serupa di masa depan, minimal Polwan harus siap untuk menjaga keamanan di tempat – tempat pemungutan suara (TPS)dengan tingkat kesiagan tinggi, yaitu siaga 1. la juga menekankan bahwa setiap Polwan, terlepas dari bidangnya, harus menunjukkan kompetens dan keahlian mereka dalam berbagai situasi.

Opini para narasumber ini menyoroti pentingnya persiapan Polwan dalam mendukung pemilu damai, memperkuat dasar dan kompetensi mereka, serta menekankan peran Polwan dalam mewujudkan kesetaraan gender yang mendukung pembangunan Indonesia yang lebih baik. Airlangga Forum ke-147 memberikan pandangan yang jelas tentang kontribusi berharga Polwan untuk NKRI.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform