Universitas Airlangga, Dies Natalis ke-68, menghadirkan Menteri Kesehatan RI dan Founder Harian DIsWay sebagai pembicara

Universitas Airlangga, Dies Natalis ke-68, menghadirkan Menteri Kesehatan RI dan Founder Harian DIsWay sebagai pembicara

Berita UNAIR Pascasarjana, 9 Nov 2022 – Universitas Airlangga menggelar Sidang Terbuka memperingati Dies Natalis ke-68 pada Rabu, 9 November 2022. hadir dalam kesempatan kali ini sebagai perwakilan Sekolah Pascasarjana UNAIR, Prof. Dr. Rudi Purwono, SE., MSE. Wakil Direktur1, Dahlan Iskan yang merupakan menteri BUMN RI ke-7 hadir langsung dan menjadi orator pembuka dalam gelaran tersebut.

Dahlan Iskan mengawali orasinya dengan menceritakan pengalaman menjalani terapi stem cell di Unair. Dirinya mengaku sangat percaya dengan peneliti dari Unair dan itu terbukti dari 12 kali terapi stem cell yang ia jalani di Unair ternyata memiliki metode yang sama dengan di Jerman.

Ditambahkan dirinya juga sangat menyambut antusias vaksin Merah Putih buatan Unair, dan dirinya mengatakan berminat menjadi relawan vaksin sayangnya aturan yang mengharuskan belum pernah vaksin yang menghalangi niatnya karena dirinya sudah menjalani vaksin dosis ke-3,” ungkap pengusaha yang merupakan mantan Menteri.

Founder harian Disway ini juga berbicara soal kemajuan Indonesia. Dia memaparkan 150 juta masyarakat yang tidak lagi miskin bisa menjadikan Indonesia maju. mengutip dari laman unair.ac.id “Siapa pun presidennya, siapa pun partai atau pihak mana pun yang berkuasa, jika masing-masing memiliki daya dorong untuk tidak lagi miskin, maka sekaligus dapat mendorong Indonesia maju,” kata Dahlan dalam orasi bertajuk Peran Perguruan Tinggi dalam Mendukung Pembangunan Ekonomi dan Ketahanan Bangsa.

Melalui observasi yang dilakukan, Dahlan menemukan sebagian masyarakat miskin berada di pedesaan, pinggir kota, tengah kota, dan pantai. Dia menyebut di sini peran perguruan tinggi untuk terus berinovasi demi mendorong perekonomian, Dirinya yakin generasi-generasi penerus harus mendapatkan pola pikir berbeda dari generasi lama. Dia menyebut yang termiskin harus dipotong generasi.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membawakan orasinya yang mengangkat pentingnya melakukan transformasi kesehatan pentingnya melakukan transformasi kesehatan untuk pembangunan negeri. Untuk mencapai tujuan tersebut, ia mengajak serta UNAIR untuk turut andil dalam mewujudkan transformasi kesehatan, khususnya dalam bidang layanan rujukan dan SDM kesehatan.

Dirinya mengatakan, penyebaran rumah sakit di Indonesia dengan akses layanan untuk penyakit katastrofik belum merata. Sedangkan, penyebab kematian tertinggi di Indonesia disebabkan oleh penyakit katastrofik seperti jantung, kanker, stroke, dan ginjal. hal ini dibuktkan dengan Indonesia hanya memiliki 40 rumah sakit yang dapat melayani cathlab dan 10 rumah sakit yang dapat melayani bedah jantung terbuka. Belum lagi, pusat layanan kesehatan yang sedikit menyebabkan antrian yang panjang sehingga penanganan menjadi terhambat.

Dirinya berharap pada tahun 2024, pemerintah dapat meningkatkan layanan kualitas rumah sakit di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia agar dapat memasuki level utama. Sehingga, seluruh rumah sakit di Indonesia dapat melakukan intervensi non bedah dan layanan cathlab serta memiliki dokter spesialis yang memadai. 

Ditambahkan, selain permasalahan layanan rujukan dirinya mengatakan bahwa jumlah dokter spesialis di Indonesia masih sangat mengkhawatirkan. Hal tersebut disebabkan karena aturan pemerintah hanya mengizinkan setiap rumah sakit umum daerah memiliki 9 dokter spesialis.

mengutip dari Unair News, Budi Gunadi Sadikin mengatakan “Kalau kita ingin menyelamatkan generasi muda, bukan uangnya yang kita butuhkan, tetapi spesialisnya yang kita butuhkan. Banyak orang Indonesia menderita karena kita tidak memiliki banyak spesialis. The gap is huge dan ini standar rumah sakit umum daerah saat ini,” jelasnya.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform/