UNAIR Pascasarjana Berkomitmen membangun SDM Berkualitas di Bumi Lorosae: Pameran Indonesia Education Fair 2022 di Timor Leste.

Sekolah Pascasarjana UNAIR Berkomitmen membangun SDM berkualitas di Bumi Lorosae, Indonesia Education Fair 2022, di Dili Timor Leste.

Berita UNAIR Pascasarjana, 16 Oct 2022 – Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga kembali menunjukkan eksistensinya dalam kegiatan pengabdian masyarakat tingkat internasional. Melalui dua perwakilan dosen Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga bergabung bersama tim UNAIR dalam kegiatan Internasional community Development selama 4 hari yaitu dari tangga 13-16 oktober 2022.

Delegasi community development dari Sekolah Pascasarjana diwakilkan oleh Dr. Hijrah Saputra, ST., M.Sc., dan perwakilan education fair oleh Moh. Zamal Nasution, Ph.D. hari pertama delegasi comdev UNAIR yang datang pada tanggal 12 oktober langsung disambut oleh perwakilan dari universidade Nacional Timor Leste (UNTL) di bandara Internasional Presiden Nicolau Lobato. Setelah diantar ke hotel, tim rombongan delegasi UNAIR diterima oleh Duta Besar RI untuk Timor Leste yaitu Okto Dorinus Manik dan atase pendidikan Prof. Dr. Phil Ikhfan Haris, M.Sc. Delegasi UNAIR dipimpin langsung oleh Dr. Gadis Meinar Sari dan Dr. drg. Pratiwi, M.Kes dari World University Association for community Development (WUACD) Universitas Airlangga.

Delegasi pertama akan melakukan community development yang dilaksanakan oleh perwakilan dari masing-masing fakultas. Sekolah Pascasarjana melalui dosennya Dr. hijrah Saputra, ST., M.Sc. mengangkat tema Disaster Mitigation System Through Disaster Risk Analysis in Timor Leste pada hari pertama tanggal 13 oktober, dan hari kedua pada tanggal 14 oktober dengan tema disaster preparedness of earthquake and tsunami, Hal tersebut diangkat karena letak geografis dari Timor Leste yang membutuhkan kesiap siagaan seluruh elemen masyarakat akan bencana alam.

KBRI Indonesia untuk timor leste mengatakan langkah yang diambil oleh Universitas Airlangga bekerjasama dengan UNTL dan pemerintah Timor Leste sangatlah tepat. Universitas Airlangga melalui beberapa kegiatan Community Development telah membangun kesan yang sangat baik terhadap pemerintah republik Indonesia di mata masyarakat dan pemerintah Timor Leste. Negara yang masih cukup baru masih memerlukan peningkatan SDM untuk memenuhi kebutuhan segala sektor, sehingga melalui pameran pendidikan ini diharapkan banyak sdm dari timor leste dapat melanjutkan pendidikannya di Universitas Airlangga.

Sekolah Pascasarjana dalam kesempatan kali ini juga menawarkan beberapa program studi multidisiplin yang sangat dibutuhkan oleh pemerintah Timor Leste untuk kemajuan dan pengembangan potensi di negara tersebut. Beberapa alumni dari Universitas Airlangga yang saat ini bekerja di pemerintah timor leste juga memberikan peluang cukup baik untuk mengimplementasikan MoU yang telah disepakati oleh Rektor Universitas Airlangga dengan Rektor UNTL.

Tiga pilar pendidikan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dicoba ditawarkan dalam program untuk Timor Leste ini. Sehingga diharapkan kegiatan tersebut dapat menjembatani hubungan baik antara pemerintah Republik Indonesia dengan Timor Leste melalui pendidikan.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform/