Tutup Acara Top Executive University Gathering, Direktur SPS bongkar kisah sukses UTM menjadi Kampus Berkelas Dunia

Tutup Acara Top Executive University Gathering, Direktur SPS bongkar kisah sukses UTM menjadi Kampus Berkelas Dunia

Top Executive University Gathering, 23 Februari 2023

Berita UNAIR Pascasarjana,Kamis 23 Februari 2023 – Hari kedua, 23 Februari 2023, yang merupakan hari terakhir dari perhelatan Top Executive University Gathering,yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi diikuti oleh 40 perguruan tinggi di Indonesia yang merupakan bagian dari Top 1000 QS Asia University Ranking (QS AUR) 2023.di Vasa Hotel Surabaya, dipamungkasi dengan agenda “Success Story of World Class University” dan bertindak sebagai moderator adalah, Prof. Badri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.D. Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga.

Pada sesi ini, sebagai narasumber adalah Prof. Dato’ Ir. Dr. Zaini Ujang, selaku Vice-Chancellor University of Technology Malaysia (UTM). Dihadapan para pemimpin institusi pendidikan tinggi di Indonesia yang hadir, disampaikan bahwa menurutnya, perguruan tinggi harus mampu menciptakan rasa penting dan perlunya kepada seluruh elemen di internal kampus terhadap pentingnya menjadi institusi atau universitas berkelas dunia.

Dirinya mengatakan dalam hal bersaing di tingkat dunia, perguruan tinggi perlu memiliki polanya tersendiri, tentu dengan mengenali dirinya dahulu. Seperti perlu adanya strategi yang inovatif, seperti halnya dalam penulisan jurnal ilmiah yang dipublikasikan dan ditulis pada jurnal-jurnal terverifikasi tinggi hal tersebut sangatlah penting, terutama untuk memainkan peran dalam pemeringkatan.

Pada kesempatan ini pula Prof. Zaini juga mengingatkan pentingnya “Leadership” dalam membawa perguruan tinggi yang dipimpinnya untuk mewujudkan dan meraih cita-cita bersama yaitu World Class University, dirinya mengatakan bahwa Untuk menjadi pemimpin, “kita harus clear what you are doing?”.

Dicontohkan di UTM setiap tahun akan diadakan agenda “inaugural lectures”, dimana didalamnya terdapat diskusi-diskusi mengenai permasalahan-permasalahan yang ada di perguruan tinggi, termasuk menggali dan merumuskan konsep solusinya, ditambahkan dalam acara tersebut dirinya selalu kebagian tugas memastikan para profesor untuk selalu termotivasi, salah satunya dengan meyakinkan bahwa sebagai seorang pimpinan kita harus mengobarkan semangat jihad, dan sebagai akademisi adalah jihad akademik, dan pedang kita adalah pena, hal tersebut untuk mengajak elemen di level pimpinan untuk tetap teguh pada komitmennya.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform/