TEGAS ! INOVASI ADALAH KATALISATOR KESEJAHTERAAN, Dr. ANDRIYANTO PJ BUPATI PASURUAN UNGKAP HAL INI 

GULE 135 “Membangun Indonesia dari Inovasi Kepemimpinan Daerah” 

Berita UNAIR Pascasarjana, Selasa, 10 Oktober 2023 –  Dalam upaya memahami pentingnya inovasi dalam kepemimpinan kepala daerah, Dr. Andriyanto, S.H., M.Kes, PJ Bupati Pasuruan, dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Jawa Timur, mengungkapkan pandangannya pada acara Guest Lecture ke-135. Dalam paparannya, Dr. Andriyanto menjelaskan pentingnya inovasi sebagai katalisator kesejahteraan bagi masyarakat dan negara. 

Presiden Jokowi telah menggarisbawahi urgensi inovasi dalam membangun Indonesia yang adaptif, produktif, kompetitif, dan inovatif. Menurutnya, negara harus terus berinovasi untuk meningkatkan kesejahteraan. Namun, Indonesia baru berada di peringkat ke-75 sebagai negara terinovatif di dunia, dengan beberapa catatan perlu diperhatikan. 

Menurut Dr. Andriyanto, ada indikator yang perlu diperhatikan dalam mengukur inovasi, seperti bisnis sophistication dan market sophistication. Indonesia memiliki market sophistication yang tinggi (peringkat 36), tetapi bisnis sophistication yang rendah (peringkat 92), menunjukkan bahwa eksekusi ide-ide inovatif masih terhambat. Sementara itu, negara terinovatif seperti Swiss memiliki inovasi sebagai habit yang dibangun sejak dini. 

Dr. Andriyanto juga menekankan pentingnya kepemimpinan kepala daerah yang adaptif dalam menghadapi perubahan. Ia menyebutkan pengalaman pribadinya sebagai Sekda Trenggalek dan PJ Bupati Pasuruan, di mana ia harus beradaptasi dengan perbedaan struktur masyarakat dan antropologi kedua kabupaten tersebut. 

Kepemimpinan yang efektif, menurutnya, harus menciptakan revolusi dalam organisasi dan membutuhkan kredibilitas, reputasi, serta keterampilan untuk mengenali perubahan yang penting. Aparatur Sipil Negara (ASN) juga memiliki peran penting dalam membawa perubahan positif dalam organisasi. 

Riset dan inovasi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Riset sebagai proses investigasi bertujuan untuk menemukan, menginterpretasi, dan merevisi fakta-fakta, sedangkan inovasi berfokus pada pengembangan pemanfaatan pengetahuan untuk menciptakan atau memperbaiki produk, proses, dan sistem baru yang memberikan nilai yang signifikan. 

“Inovasi adalah katalisator kesejahteraan. Ketika kita ingin meningkatkan kesejahteraan, kita harus berinovasi,” ujar Dr. Andriyanto. Selain itu, ia memberikan contoh pentingnya sinergi dalam mewujudkan inovasi. Salah satu bupati di Indonesia mengundang

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platfor