STUDENT OUTBOND SPS UNAIR : BELAJAR DARI THAILAND BANGKIT PASCA PANDEMI

Berita UNAIR Pascasarjana, Jumat, 05 Mei 2024  –  26-29 Juni 2024 Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga mengadakan Student Outbond ke Thailand, dengan tema yang diusung International Engagement 2024, dari program studi Kajian Ilmu Kepolisian Syauqina Salsabila. Dan Dr. Nuri Heracwati, Dra.Ec., M.Si., M.Sc Koordinator Program Studi S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia, menjadi pimpinan rombongan student outbond kali ini.

 

KBRI Bangkok dipilih sebagai tempat tujuan, dan pada agenda kali ini banyak dibahas terkait kerjasama yang telah terjalin antara Indonesia dengan Thailand, termasuk bertukar pikiran dan pengetahuan langsung dari sumbernya tentang bagaimana Thailand membangkitkan lagi perkonomiannya pasca pandemi, karena secara karakter 2 negara ini memiliki kesamaan yaitu mengedepankan Industri Pariwisata.

 

Diskusi yang berlangsung hangat pun membahas tentang bagaimana menggerakkan sektor ekonomi dengan menghasilkan produk produk yang menarik bagi wisawatan, murah, lucu sehingga turis pun akan kembali membanjiri Thailand dan menumbuhkan kembali perekonomian. Sebagai mahasiswa Kajian Ilmu Kepolisian tak lepas dari pertanyaan-pertanyaan kritis seperti dilegalkannya ganja termasuk LGBT, termasuk perkawinan sesama jenis yang kesemuanya dilegalkan dan bertujuan untuk menarik para orang asing datang ke Thailand.

 

Tak berhenti sampai disitu, fenomena Jastip (Jasa Titip) belanja di Thailand ini juga sedang mengalami pertumbuhan yang pesat, sehingga pemerintah seharusnya mulai membuat regulasi terkait “jastip” termasuk dengan pengenaan pajaknya. Ketika ditanya apa yang paling berkesan selama agenda student outbond di Thailand, Syauqi menjawab, acara sharing session dengan para staff dari KBRI di Bangkok, Thailand adalah hal yang sangat berharga, karena hal ini membuka wawasan dan menambah keilmuan dari belahan negara lain yang memiliki budaya, tradisi dan karakter yang berbeda.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)