SPS UNAIR DAN PT. CP PRIMA; JAJAKI KOLABORASI PERKUAT INDUSTRI BUDIDAYA PERIKANAN TANAH AIR

Audiensi Sekolah Pascasarjana UNAIR dan Training Center PT. CP Prima

Berita UNAIR Pascasarjana, Rabu, 21 Februari 2024  –  Rabu, 21 Februari 2024, Sekolah Pascasarjan Universitas Airlangga (SPS – UNAIR) berkunjung ke Training Center dan Laboratorium PT. CP PRIMA, salah satu industri pakan ternak ternasuk budidaya perikanan di Indonesia.

Hadir dalam agenda kali ini dari Sekolah Pascasarjana UNAIR, Prof. Dr. Nunuk Dyah Retno Lastuti, drh., MS. Ketua Satuan Penjaminan Mutu Sekolah Pascasarjana UNAIR, Dr. Zuyyina Choirunnissa, SM., M.SM. Mohammad Zahir, S.Ak., Zuhroh Sofwani dari Executive Learning Hub, Dr. NI luh Ayu Megasari M.Ked.Trop dan Dr. Mohd. Zamal Nasution, S.Si., M.Sc., Ph.D. Dosen Sekolah Pascasarjana UNAIR.

Acara yang bertujuan untuk melakukan studi banding dan penjajakan kolaborasi ini menjadi sangatlah penting mengingat kendala yang kini dihadapi oleh industri perikanan tanah air, salah satunya minimnya minat Generasi Z untuk terjun ke dunia budidaya ikan dan udang.

Kunjungan ini dibuka dengan paparan dari perwakilan Training Center PT. CP PRIMA, yang menyampaikan bagaimana perusahaan telah menggunakan teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas budidaya perikanan. Buah dari inovasi tiada henti ini adalah kualitas yang dihasilkan adalah kualitas unggul dan mendapat pengakuan dari para investor.

Disampaikan dalam kesempatan ini, kebutuhan pasar akan teknisi budidaya ikan dan udang sangat tinggi, akan tetapi peminat lapangan kerja ini sangat rendah, entah karena dirasa kurang mewakili tren zaman, sehingga sangat susah untuk memenuhi kebutuhan pasar, ditambahkan padahal di training center PT.CP Prima semua disediakan mulai dari penginapan, makan hingga coffee break pun disiapkan, sehingga peserta tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kesehariannya.

“Kini, tantangannya adalah bagaimana kita dapat menginspirasi Generasi Z, yang dikenal dengan literasi digitalnya, untuk melihat peluang besar di ranah tambak ikan dan udang,” disampaikan oleh perwakilan, PT.CP Prima.

Di akhir acara, kesepakatan untuk menjajaki kerjasama formal antara SPS UNAIR dan PT. CP PRIMA ditandatangani. Harapan bersama tercipta, bahwa dari sinergi akademik dan praktikal ini, bukan hanya akan terjembatani kekosongan di industri tetapi juga diciptakan inovasi dan motivasi bagi Gen Z yang akan menggantikan tongkat estafet kepemimpinan dalam sektor perikanan Indonesia.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platfor