SPs UNAIR ajak perkuat potensi Desa Wisata dengan BUMDES yang Prima

Pengabdian Masyarakat Sekolah Pascasarjana UNAIR di Desa Dongko, Trenggalek

Berita UNAIR Pascasarjana, Rabu, 30 Agustus 2023 – Belajar dari terpukulnya berbagai sektor di saat Pandemi Covid-19 melanda, ternyata Desa Wisata menjadi entitas yang  secara ekonomi mampu bertahan, hal tersebut yang membuat banyak desa-desa yang mulai melirik wilayahnya untuk mengembangkan potensi ini.

Beragam model promosi untuk menarik minat wisatawan berkunjung dihadirkan, mulai dari paket-paket wisata hingga beragam potongan harga yang ditawarkan, kesemuanyabertujuan untuk memasarkan obyek wisata daerahnya masing-masing. Karena dengan semakin banyaknya yang melirik potensi ini, tentu berimbas pula pada ketatnya persaingan pasar.

Hal tersebut yang memanggil Sekolah Pascasarjana Unair untuk mengadakan Pengabdian Masyarakat di Desa Dongko, Kabupaten Trenggalek (29/08/2023), Provinsi Jawa Timur. Hadir dalam acara kali ini Wilda Prihatiningtyas, SH., MH, Dr. Indria Wahyuni, SH., LL.M., Upik Dyah Eka Noviyanti, S.Ant., M.A. sebagai narasumber.

Desa Dongko memiliki potensi wisata yang cukup besar kususnya Wisata Budaya, hal ini yang melatar belakangi bahwa Dongko disebut dengan Desa Warisan Budaya (CultureHeritage) dan membawa nama Kecamatan Dongko masuk dalam kategori 4 kota yang berada di Kabupaten Trenggalek dengan sebutan Kota Warisan Budaya (Culture Heritage City), dengan budayanya yang tetap  terjaga kelestarianya sampai saat ini.

Banyaknya potensi yang dimiliki oleh Desa Dongko mulai wisata warisan budaya hingga wisata alamnya diharapkan mampu berikan dampak positif bagi Desa tersebut kedepan, dan untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan penataan dengan sistem yang prima. pendirian BUMDes menjadi salah satu faktor utama untuk memperkuat potensi wisata.

Hadirnya BUMDes yang prima memperkuat tata kelola potensi yang ada secara legal formal dan dari tata kelola yang baik bisa dikembangkan ke tingkat, pemberdayaan warga desa maupun pembiayaan. Hal ini perlu dilakukan agar pengembangan Desa Wisata di Dongko, Kabupaten Trenggalek dapat berjalan dengan baik dan membawa dampak baik pula bagi ekonomi warganya.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform