SEKRETARIS MENKO PMK AJAK PERGURUAN TINGGI URAI BENANG RUWET “MISMATCH” DENGAN DUNIA INDUSTRI

Kuliah Strategic Leadership, Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga.

Berita UNAIR Pascasarjana, Selasa, 6 Februari 2024  – Rabu, 07/02/2024, Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga, kembali menggelar Strategic leadership series. dalam edisi perdana ini hadir sebagai narasumber adalah Sekretaris Menteri Koordinator Pengembangan Manusia dan Kebudayaan, Andie Megantara, Ph.D. diruang Majapahit, ASECC Tower Kampus B UNAIR.

hadir dalam acara yang merupakan agenda rutin dan wajib diikuti oleh mahasiswa, Prof. Badri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.D. Direktur dan Prof. Dr. Rudi Purwono, SE., M.SE. selaku Wakil Direktur 1 Sekolah Pascasarjana UNAIR, bersama Ketua Satuan Penjaminan Mutu Sekolah Pascasarjana, Prof. Dr. Nunuk Dyah Retno Lastuti, drh., MS. Koordinator Program Studi, Magister Imunologi, Prof. Dr. Theresia Indah Budhy S., drg., M.Kes., Sp. PMM(K), Koordinator Program Studi Magister Ekonomi Kesehatan, Dr. Ni Made Sukartini, SE., MIDEC.

Membangun Sumber Daya Manusia, Menuju Indonesia Emas 2045 dipilih sebagai topik, karena ambisi kolektif bangsa di tahun 2045 jangan sampai hanya sebatas slogan dan jargon semata, akan tetapi perlu keseriusan dalam menata dan menyiapkan, Sumber Daya Manusia seperti apa yang dibutuhkan untuk menyongong masa depan Indonesia yang lebih baik.

Andie Megantara menyoroti bahwa sudah saatnya kita harus menyelesaikan masalah “mismatch” yang terjadi dimana banyak lulusan yang tidak cocok antara dunia pendidikan dengan dunia kerja. banyak lulusan bekualitas secara akademis tapi tidak cocok dengan kebutuhan dunia industri, “jangan lagi “supply driven”, tapi “demand driven”, sehingga kampus dan pengusaha duduk bersama dan membincangkan apa yang dibutuhkan dunia industri dan perguruan tinggi menyiapkan hal tersebut!” ungkapnya, dirinya juga menekankan agar paradigma tentang pelatihan dan pendidikan adalah sebuah output harus diubah, dari output menjadi sebagai sebuah proses.

saat diwawancarai dirinya mengapresiasi acara Strategic Leadership series yang digelar oleh Sekolah Pascasarjana UNAIR ini, menurutnya hadirnya sebuah kelas dimana mengundang para pakar, profesional dan praktisi selain memperkaya wawasan keilmuan bagi mahasiswa, juga bisa membantu mengurai beragam permasalahan termasuk “mismatch” antara dunia pendidikan tinggi dan industri, karena dengan duduk bersama dan mendiskusikan dari beragam sudut pandang.

Topik diatas sengaja diangkat dalam kelas Strategic Leadership Series ini karena, Sekolah Pascasarjana UNAIR dengan posisinya sebagai Sekolah Kepemimpinan bertanggung jawab untuk memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara. seperti dalam sambutannya Direktur Sekolah Pascsarjana, Prof. Badri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.D. mengatakan ditengah kondisi geopolitik global yang memanas, mulai perang – rusia ukraina, hamas dan israel, laut cina selatan termasuk Indonesia di tahun politik ini jangan lupa kita masih punya PR besar untuk menjadi negara yang lepas dari middle income trap seperti yang diharapkan oleh Presiden Joko Widodo.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platfor