Olah Sampahnya, Asri Lingkungannya, Sejahtera Warganya 

Bimbingan Teknis IV P4SDAL SPS UNAIR dan BNPB di Bumi Semeru Damai, Lumajang 

Berita UNAIR Pascasarjana, Kamis, 31 Agustus 2023 – Pada tanggal 28 Agustus 2023, Sekolah Pascasarjana UNAIR melalui Manajemen Bencana bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali menyapa warga penyintas erusi gunung semeru di Bumi Semeru Damai, Lumajang. acara yang bertujuan sebagai Pendampingan Pemulihan Peningkatan dan Produktifitas Sumber Daya Alam  (P4SDAL) merupakan rangkaian agenda ke-4 dimana Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan masyarakat dalam pengelolaan sampah yang baik serta memberikan manfaat ekonomi local untuk kesejahteraan warga. 

Hadir dalam kesempatan kali ini, Koordinator Program Studi Magister Manajemen Bencana, Dr. Arief Hargono, Drg., M.Kes. dan tim, Salah satu poin yang disampaikan dalam acara ini adalah diskusi tentang bagaimana membangun kesadaran warga masyarakat Bumi Semeru Damai, Lumajang ini dalam hal pilah dan olah sampah. Strategi dan formula sosialisasi yang tepat akan melahirkan pemahaman mendalam tentang pentingnya memilah dan mengolah sampah secara benar. 

Dalam agenda kali ini selain berdiskusi terkait membangun kesadaran masyarakat dalam memilah dan mengolah sampah juga menyediakan stimulan bagi peserta, berupa perangkat olah sampah dan pembuat biopori. Perangkat olah sampah ini mencakup alat-alat yang diperlukan untuk mengolah sampah di rumah, seperti komposter dan mesin daur ulang. Sedangkan pembuat biopori digunakan untuk menyediakan saluran drainase yang efektif menggunakan bahan-bahan organik. Dengan adanya stimulan ini, diharapkan peserta dapat mempraktikkan pengetahuan yang telah mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari. 

Selanjutnya, acara ini juga bertujuan untuk membangun jejaring dengan stakeholder yang terkait dalam rangka membentuk rantai ekonomi dari produk olah sampah. Melalui kolaborasi dengan pemerintah lokal, pelaku usaha, dan masyarakat, diharapkan dapat terbentuk kerjasama yang saling menguntungkan dalam pengelolaan sampah. Misalnya, hasil olah sampah seperti kompos, kerajinan dari limbah, atau produk daur ulang lainnya dapat dimanfaatkan untuk membuka lapangan kerja dan menciptakan mata pencaharian baru bagi masyarakat setempat. 

Pendampingan yang terbagi dua mulai bidang ekonomi dengan Magister Ekonomi Kesehatan dan Magister Manajemen Bencana ini merupakan langkah Sekolah Pascasarjana UNAIR yang selalu hadir sebagai problem solving bagi permasalahan yang terjadi di masyarakat, dan sejalan dengan semangat dalam berkontribusi nyata secara signifikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, salah satunya dalam mengatasi permasalahan sampah yang semakin memprihatinkan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pengelolaan sampah serta pemenuhan stimulan dan perangkat olah sampah, diharapkan masyarakat dapat aktif terlibat dalam menjaga kebersihan dan keindahan

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform