NEGARA RENTAN KONFLIK SOSIAL, PRODI HUKUM MULTIDISIPLIN UNAIR KEMBALIKAN FAKTOR-FAKTOR NON HUKUM DALAM UPAYA PENYELESAIAN ISU STRATEGIS 

Berita UNAIR Pascasarjana, Senin, 9 Oktober 2023 –  Indonesia merupakan negara besar dengan beraneka ragam suku, bahasa, budaya, adat istiadat, agama, dan pandangan politik. Keragaman ini dapat ditemui di seluruh wilayah Indonesia dan menjadi kekayaan bangsa yang tidak dimiliki negara lain. 

Berbagai kebinekaan pun bersatu dan membentuk kesatuan sebagai bangsa Indonesia. Namun, Indonesia menjadi negara yang sangat rentan akan terjadinya perpecahan dan konflik karena keragaman ini. 

Konflik merupakan hal yang terjadi sebagai akibat dari interaksi manusia. Terjadinya konflik, biasanya dilatarbelakangi oleh perbedaan yang dibawa oleh individu dalam interaksi. 

Indonesia sendiri,konflik juga hadir dalam tatanan budaya masyarakatnya. Disintegrasi konflik yangmuncul diantaranya terjadi di Aceh, Papua, Maluku, Timor Leste, Poso, Sampithingga konflik sosial berupa tindakan tawuran mahasiswa yang terjadi di dalamlingkungan kampus, dan terparah berada di wilayah Kota Makassar.  

Adapun daftar kasus konflik di Indonesia kini sudah bertambah lagi, Baru-baru ini konflik terjadi di Pulau Rempang, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pada awal September 2023. 

Pada Kamis (7/9/2023) warga Rempang bentrok dengan aparat gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Direktorat Pengamanan Badan Pengusahaan (BP) Batam. 

Bentrokan itu terjadi karena sejumlah warga menolak pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Kawasan Rempang Eco-City yang dikelola pemerintah melalui BP Batam. 

Hal diatas membutuhkan penanganan yang tepat, karena latar belakang sosial dan ekonomi serta budaya juga sangat mewarnai permasalahan yang mengemuka dan rentan berpotensi terjadi. 

Magister Sains Hukum dan Pembangunan, Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga, Sebagai program studi yang didirikan berbasis permasalahan dan kebutuhan masyarakat. Melakukan pendekatan dengan studi sosio legal menjadi hal yang dikedepankan oleh MSHP, hal tersebut dikarenakan dengan semakin banyak sudut pandang keilmuan akan semakin memperkaya dalam menemukan solusi dari setiap konflik yang timbul di masyarakat.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platfor