KETUA KADIN JATIM DIWISUDA, DOSEN RASA TEMAN, KULIAH RASA SAUDARA SPS UNAIR TEMPATNYA 

Wisuda Universitas Airlangga ke 234  

Berita UNAIR Pascasarjana, Sabtu, 14 Oktober 2023 –  Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (UNAIR) yang memposisikan diri sebagai “School of Leadership” kembali luluskan sebanyak 70 wisudawan, dengan visi besar mengembangkan kepemimpinan Transformatif yang membawa dampak bagi dunia lebih baik, SPs UNAIR turut menyumbangkan 2 wisudawan dan wisudawati terbaiknya dari Program Doktor dan dari Program Magister pada wisuda periode sabtu 14/10/2023. 

Salah satunya yang istimewa adalah Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Timur, Adik Dwi Putranto, yang berhasil menyelasaikan studi jenjang S2 nya di Magister Sains Hukum dan Pembangunan, sebuah prodi multidisiplin yang berbasis kasus, dan beragam keilmuan mulai dari mata kuliah hukum, ekonomi publik, sosial dan kebijakan sehingga lulusan program ini mempunyai kepemimpinan yang berbasis pengetahuan, keahlian yang dikontribusikan untuk pemecahan masalah dan pengembangan konsep alternatif di berbagai bidang yang relevan. 

Seperti saat diwawancarai saat wisuda, dirinya mengatakan kuliah di Magister Sains Hukum dan Pembangunan itu beda, karena selain berbasis pada kasus nyata di lapangan, yang luar biasa situasi perkuliahannya menyenangkan dan hangat, dosen berasa teman dan suasana perkuliahan terasa seperti saudara, hal ini yang membuat dirinya jadi bersemangat untuk menyelesaikan studi di MSHP. 

Dirinya berharap UNAIR melalui Sekolah Pascasarjana melahirkan prodi-prodi baru yang multidisiplin, karena keilmuan tersebut sangat dibutuhkan bagi teman-teman KADIN sendiri khususnya dalam beradaptasi dengan perubahan yang begitu cepat dan semakin kompleks, dan hanya prodi multidisiplinlah yang bisa menjadi solusi. 

Pada periode 234 itu, Rektor UNAIR Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak secara resmi meluluskan sejumlah 1.382 wisudawan. Dalam perhelatan yang digelar di Airlangga Convention Centre (ACC) Kampus MERR-C itu, dirinya berpesan agar para wisudawan selalu percaya diri. Ia mengingatkan bahwa mereka merupakan orang-orang terpilih yang berhasil lulus dari salah satu universitas  

ternama dalam negeri.  

“Jumlah mahasiswa di seluruh Indonesia itu jutaan. Anda adalah orang-orang yang beruntung, orang-orang terpilih yang dapat wisuda bukan di sembarang perguruan tinggi, tetapi di Universitas Airlangga,” ujar pakar dalam bidang akuntansi ini. Bukan tanpa alasan memang, dirinya melihat bahwa salah satu permasalahan besar pada alumni UNAIR adalah kurangnya percaya diri (Pede).

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platfor