Ingatkan Peran Pemuda dalam menorehkan sejarah Bangsa di Masa Datang

Penutupan PKKMB Universitas Airlangga 2023 

Berita UNAIR Pascasarjana, Sabtu, 26 Agustus 2023 – Acara Penutupan PKKMB 2023 yang diselenggarakan 26 Agustus 2023 yang digelar di gedung ACC, Kampus C, diikuti oleh 9005 mahasiswa baru menjadi sebuah momen yang sangat berarti dalam menyadarkan peran penting yang dimiliki oleh pemuda dalam menorehkan sejarah bangsa di masa depan. Dalam talkshow dengan topik “Eskalasi Kualitas Generasi Emas Airlangga dalam Mencapai Futuristis Indonesia”, moderator Prof. Dr. Suparto Wijoyo, SH., M.Hum. memandu diskusi yang menghadirkan narasumber terkemuka seperti Dr. Ahmad Basarah, SH., MH. (Wakil Ketua MPR RI, Komisi X DPR RI), Dr. H. Anwar Sadad, M.Ag., dan Mayjend TNI Nur Rahman (Asisten Operasi Panglima TNI). 

Dalam talkshow tersebut yang dihadiri langsung oleh Rektor UNAIR, Prof. Dr. Mohhamad Nasih, oleh para pimpinan seluruh Fakultas, termasuk Prof. Dr Rudi Purwono, SE., M.SE. Wakil Direktur bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Sekolah Pascasarjana, moderator acara Prof. Dr. Suparto Wijoyo, SH., M.Hum. mengajak semua peserta untuk merenungkan peran pemuda sebagai tulang punggung pembangunan bangsa. Beliau menekankan bahwa pemuda memiliki potensi besar dan tanggung jawab yang sama besar dalam menentukan arah masa depan Indonesia yang futuristis. Melalui PKKMB, mahasiswa baru diberikan kesempatan untuk mengembangkan diri, mencari identitas, dan mempersiapkan diri untuk berperan dalam perubahan positif bagi negeri ini. 

Narasumber pertama, Dr. Ahmad Basarah, SH., MH., mengingatkan bahwa saat ini pemuda perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang perubahan sosial, politik, dan ekonomi yang terjadi di Indonesia. Beliau menekankan pentingnya pemahaman terhadap tantangan dan peluang yang dihadapi negeri ini, dan bertekad untuk melibatkan pemuda dalam proses pembuatan kebijakan yang berdampak pada sektor pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. 

Dr. H. Anwar Sadad, M.Ag., sebagai narasumber kedua, menjelaskan bahwa pemuda juga perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Dalam era globalisasi yang semakin kompleks, pemuda harus mampu memadukan nilai-nilai luhur bangsa dengan perkembangan teknologi dan budaya global. Hal ini akan memungkinkan pemuda untuk menjadi agen perubahan yang berkontribusi dalam membangun masyarakat yang inklusif dan harmonis. 

Sementara itu, narasumber ketiga, Mayjend TNI Nur Rahman, menyoroti peran pemuda dalam menjaga keutuhan bangsa. Beliau menekankan bahwa pemuda harus memiliki semangat patriotisme yang tinggi, siap untuk membela negara dan bangsa jika diperlukan. Pemuda juga perlu memiliki keterampilan dan disiplin yang kuat sehingga dapat berkontribusi dalam menjaga stabilitas dan keamanan bagi pembangunan bangsa. 

Hal ini mengingatkan kita bahwa pemuda adalah harapan dan aset terbesar bangsa. PKKMB 2023 dengan 9005 mahasiswa baru menjadi tantangan dan kesempatan luar biasa dalam melihat generasi 

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform