GAWAT ! STRES DI WILAYAH KERJA PICU GAYA HIDUP TIDAK SEHAT 

Dosen S2 PSDM SPS UNAIR ingatkan ancaman stress di wilayah kerja 

Berita UNAIR Pascasarjana, Senin 03 Juni 2023 – Fenomena perubahan perilaku manusia yang berusaha beradaptasi dengan kecepatan kemajuan teknologi, ditambah tingkat beban kerja yang semakin tinggi menyebabkan kebutuhan akan kompensasi pada setiap individu. Sarana pelepas stres yang paling mudah didapatkan adalah dengan konsumsi makanan dan minuman yang enak, lezat dan segar. 

Stres dalam wilayah kerja sering menjadi pemicu dari kebutuhan akan konsumsi makanan dan minuman yang cepat saji, selain rasanya yang enak dan lezat, tampilannya yang menggoda selera menjadikan makanan dan minuman tersebut menjadi pilihan utama. Hal ini disampaikan oleh Dr. M. Fakhruddin Mudzakkir, SE., M.Si. Dosen S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia, Sekolah Pascasarjana UNAIR. 

Kondisi ini akan berakibat fatal bila kita masih berkutat pada faktor penyembuhan (Kuratif) padahal produktifitas dan kinerja yang prima sangat diperlukan di era saat ini, sehingga yang dibutuhkan faktor promotif dan preventif dalam membangun kesadaran terhadap konsumen akan dampak yang ditimbulkan dengan konsumsi asupan dan gaya hidup yang tidak seimbang. 

Ketika dampaknya mulai terasa seperti kolesterol tinggi, darah tinggi, stroke, dan kanker maka hal ini justru akan menambah beban bagi perusahaan dan keluarga, tidak hanya dalam hal waktu yang hilang. Dimana seharusnya bisa digunakan secara lebih produktif akan tetapi juga biaya untuk pengobatan bagi karyawan perusahaan tersebut. Maka kembali faktor edukasi yang masiflah yang harus intervensi. 

Menurut Sekretaris bidang social humanities unit penelitian dan publikasi ilmiah ini, menyampaikan ide dimana produk makanan dan minuman selain memberi keterangan nilai gizi dan jumlah asupan gizi, serta cara penyajian juga harus ada peringatan seperti berapa ideal atau batas aman asupan produk tersebut dalam sehari. Hal ini dimaksudkan agar produsen pemilik produk juga memiliki tanggung jawab terhadap dampak yang dihasilkan di masyarakat. 

Dirinya berkeyakinan dengan masifnya edukasi, promotif dan preventif tentang mengelola stress dan gaya hidup sehat dari beragam elemen, baik di level produsen maupun konsumen, akan membawa perubahan yang sangat besar khususnya dalam melahirkan generasi masa depan bangsa yang siap berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara 

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform