Forum Student Talk – UNAIR Pascasarjana: Sharing Experience Study Abroad

UNAIR Pascasarjana, Forum Student Talk: Sharing Experience Study Abroad

Berita UNAIR Pascaarjana, 11 Juli 2022 – Terima kasih Onsite Bali Summer School! Itu adalah satu kata syukur saat menyambut pembicara kali ini. Dia adalah Veronica Paurolo, seorang mahasiswa berkebangsaan Italia yang bergabung dalam acara Summer School on Sustainable Rebuilding and Good Governance 13 Juni lalu. Hubungan baik yang terjalin membuat kami berhasil mengundang Veronica secara langsung hadir di Sekolah Pascasarjana UNAIR untuk berbagi pengalamannya sebagai seorang mahasiswa yang pernah berkuliah di luar negeri.

Dalam paparannya, Vero, begitu panggilannya menceritakan histori pendidikan perguruan tingginya yang dimulai di Maastricht University, Belanda. Menemukan jurusan menarik “Hukum Eropa”, ia juga mempelajari komparasi hukum diantara negara-negara Eropa seperti France, Germany, Netherlands, dan UK. Kemudian karena aturan Italia yang mengharuskan mengambil pendidikan perguruan tinggi dengan total 5 tahun secara langsung, Vero memutuskan untuk kembali ke tempat dimana ia tumbuh dan memilih Italian Law sebagai satu sistem hukum yang ingin didalaminya. “Suatu bekal luar biasa, bagaimana pelajaran selama sarjana, membuatku bisa melihat kesamaan dan perbedaan sistem hukum yang ada, dan kemudian bisa aku aplikasikan saat studi magister dengan fokus Hukum Italia,” ungkapnya.

Berkuliah di luar negeri mengubah hidupnya 180 derajat. Tidak ada yang bisa ia andalkan selain dirinya, alhasil lahirlah diri baru seorang Veronica yang mandiri. “Jauh dari rumah dan keluarga memang sulit, namun bagian indah dari pengalaman ini adalah kamu bisa membentuk keluarga mu sendiri.” Bertemu dengan orang-orang yang dicintainya, teman dan guru yang beragam, dan berada di lingkungan baru membuatnya mampu menjangkau hal yang berbeda-beda.

Dihadiri oleh mahasiswa Magister Sains Hukum dan Pembangunan, Veronica juga membagikan tips menemukan sumber data untuk menulis tesis. Mengangkat topik berjudul “Penerapan Pemenjaraan Sebelum Putusan Pengadilan dalam Perspektif Hukum Acara Pidana”, ia menyarankan data-data bisa ditemukan melalui perpustakaan, basis data yang dimiliki universitas, artikel, google scholar, dan hasil dari putusan.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform/