Executive Training PT PJB dan UNAIR, bersama Dian Ekowati PhD, Prof Fendy Suhariadi, dan Dr. Tri Siwi Agustina : Human Resource as Business Partner (Day-2)

Berita Sekolah Pascasarjana UNAIR, 31 Aug 2021 – Sekolah Pascasarjana UNAIR kembali mengadakan pelatihan dengan menjalin kerjasama bersama PJB Akademi. Dalam forum diskusi kali ini Airlangga Forum mengangkat sebuah tema yaitu HUMAN RESOURCE AS BUSINESS PARTNER TRAINING (Aktifitas 2). Hadir beberapa narasumber dalam diskusi kali ini yaitu Dian Ekowati PhD., Prof. Fendy Suhariadi, dan Dr. Tri Siwi Agustina.

Menurut narasumber yang menyampaikan aspirasinya, bahwa setiap organisasi menginginkan pergerakan terus meningkat, namun perlu adanya proses yang panjang. Terutama tanggung jawab di bidang HR yang merupakan strategy partner, dan bukan sekedar karyawan saja.  Salah satu keterampilan yang harus dikuasai tim HR adalah mampu menguasai keterampilan diagnosa untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Selain itu tim HR harus mampu menggerakan strategy perusahaan, dari titik nol hingga proses finishing. Proses tersebut meliputi penentuan strategi, menggerakan proses direncanakan, dan merancang strategy HR yang sejalan dengan tujuan perusahaan. Kemudian dalam penanganan strategy, tim HR harus mampu menjadikan strategy bisnis perusahaan menjadi suatu prioritas dalam aktivitas pekerjaanya. 

Sebagai business partner, tim HR perlu mempunyai beberapa kompetensi seperti data literacy, business acumen, digital integration, people advocacy, excellent stakeholder management, excellent communication and presentation skills, effective at dealing with resistance. Bukan hanya tim HR saja yang harus mempunyai beberapa kompetensi tersebut, namun rekan lain tentu juga perlu mempunyai kompetensi tersebut untuk mewujudkan tujuan bisnis perusahaan.    

Pada umumnya, tim HR mempunyai tanggung jawab untuk menjalankan strategy yang telah dirumuskan sebelumnya, terutama peran strategisnya terhadap membangun sumber daya manusia yang efektif dan efisien. Tim HR juga mempunyai posisi penting dalam membangun kemitraan yang strategis dengan klien.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform/