Berita Sekolah Pascasarjana UNAIR, 5 Jul 2021 – Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (UNAIR) lewat lembaga pengembangan sumber daya manusia, yakni Executive Learning Hub (ELH) menyelenggarakan training untuk PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB), anak perusahaan PT PLN. Sesi kali ini hadir dengan topik Entrepreneurship & Business Thinking. Hadir sebagai narasumber utama yakni Tri Siwi Agustina dari Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) UNAIR. Sesi ini hadir pada hari Senin, 5 Juli 2021.
Siwi berpendapat bahwa ada 5 pekerjaan yang harus difokuskan oleh perusahaan kepada pelanggan, agar pemenuhan kebutuhan customer / pelanggan bisa terpenuhi, sehingga produktivitas penjualan bisa meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, perusahaan perlu untuk menggali buyer personal, yakni tujuan mereka apa untuk datang kepada perusahaan.
Siwi mengemukakan bahwa dalam teori buyer personal, perusahaan perlu menggali informasi para pelanggan mengenai selera, ekspektasi mereka terhadap produk, cara mereka bertransaksi, informasi personal, serta kondisi dimana pelanggan datang pada perusahaan. Perusahaan sebaiknya mengumpulkan informasi buyer personal secara variatif, tidak hanya satu gender, atau jenis konsumen. Terkadang perusahaan juga perlu bereksperimen dengan menawarkan layanan variatif untuk mendapatkan buyer personal lebih banyak. Hal ini dilakukan agar perusahaan bisa memetakan tren permintaan pelanggan/konsumen lebih rinci dan bisa memprediksi produk mana yang lebih disukai dan kurang disukai oleh pelanggan.
Untuk mencari buyer personal suatu organisasi atau perusahaan perlu untuk mengerjakan 4 job untuk pelanggan. Pekerjaan pertama yakni functional job, yakni pekerjaan untuk membantu memenuhi tujuan pelanggan secara cepat dan tepat. Jika pelanggan tidak dapat mencapai tujuan mereka dengan cepat dan akurat. “Hal ini berarti kesempatan bagi suatu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan mereka lewat produk atau jasa yang ditawarkan,” ungkap Siwi. Semakin cepat suatu perusahaan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan, semakin cepat pula peluang perusahaan untuk tumbuh dengan pada pasar. Namun tentu saja perusahaan harus tetap fokus pada inovasi dengan menciptakan produk atau layanan yang dapat membantu pelanggan meraih tujuan mereka lebih cepat dan lebih akurat.
Tahap kedua yakni social job, dimana customer bisa berinteraksi dengan perusahaan sebagai penyedia produk. Penting bagi perusahaan untuk membuka jalur dimana perusahaan dan customer bisa saling berinteraksi. Sementara tahap ketiga yakni emotional job, atau kenyamanan bagi para pelanggan, merupakan kunci untuk meningkatkan cash flow penjualan. Emotional job yang dituntut oleh orang tua dan anak muda sebagai customer jelas beda. Sementara kriteria terakhir, yakni personal job yakni pemenuhan privasi, terutama agar bisa berkonsentrasi bagi para customer para pekerja. Salah satu hal tersebut yakni penyediaan ruang untuk menjaga ketenangan dan privasi untuk suatu para pekerja yang butuh untuk bekerja sendirian. Penyediaan ruang khusus pada café, retail besar, serta restoran merupakan personal job yang dilakukan oleh perusahaan untuk customer agar bisa menghindari interupsi dari orang lain.
Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform/