Executive Training PT PJB bersama Dr. Indrianawati – UNAIR : Trend Analysis

Berita Sekolah Pascasarjana UNAIR, 7 Jul 2021 – Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (UNAIR) lewat lembaga pengembangan sumber daya manusia, yakni Executive Learning Hub (ELH) menyelenggarakan training untuk PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB), anak perusahaan PT PLN. Sesi kali ini hadir dengan topik Trend Analysis. Hadir sebagai narasumber utama yakni Indrianawati Usman dari Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) UNAIR. Sesi ini hadir pada hari Rabu, 7 Juli 2021.

Indri mengemukakan bahwa walaupun perusahaan merilis suatu produk yang dipandang di masa sekarang, namun tentu mempunyai potensi dalam pasar, tergantung bagaimana membangun branding pada produk tersebut. Indri juga menyinggung 4 teori Michael Porter dalam menciptakan keunggulan kompetitif produk yang ditawarkan perusahaan, yakni daya tawar suatu produk, ancaman masuknya produk baru, ancaman produk pengganti/alternative, dan daya beli konsumen. Daya tawar atau bargaining power bisa diatasi dengan memperbesar skala supply produk serta menambah keunikan dan daya tarik setiap produk. Sementara pada poin ancaman produk baru, perusahaan bisa mengembangkan loyalitas konsumen lewat brand image, seperti produk Aqua, The Botol sosro, serta sarung Atlas.  

Perusahaan besar juga bisa menerapkan barrier lewat pemerintah untuk menghalangi masuknya produk baru, agar produk lokal lewat perusahaan bisa berkembang. Contoh dalam hal ini yakni membatasi akses masuk produk impor lewat kebijakan pemerintah agar produk dalam negeri bisa tumbuh. Sama halnya dengan strategi untuk mengatasi ancaman produk pengganti, perusahaan bisa menerapkan diferensiasi produk mereka. Sementara untuk poin daya beli masyarakat, perusahaan harus mutlak menetapkan target pasar yang sesuai.

Hal ini agar kelak pada saat produk diluncurkan tidak bentrok dengan daya beli masyarakat. Indri menambahkan, “Terutama pada masa pandemi seperti sekarang, daya beli masyarakat yang semakin menurun menuntut perusahaan untuk menganalisis tren pasar secara mendalam agar bisa menentukan target market yang baru”. 

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform/