Executive Training PT PJB bersama Amak M. Yaqoub, MSM. – UNAIR : Pengembangan Produk

Berita Sekolah Pascasarjana UNAIR, 6 Jul 2021 – Executive Learning Hub (ELH) Sekolah Pascasarjana UNAIR bersama PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB), anak perusahaan PT PLN, melaksanakan training dengan topik Pengembangan Produk. Hadir sebagai narasumber utama yakni Amak Muhamad Yaqoub dari Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) UNAIR. Sesi ini hadir pada hari Selasa, 6 Juli 2021.

Amak mengemukakan bahwa pengembangan produk proses dimana suatu perusahaan melihat peluang untuk memperkenalkan varian baru dari produk yang sudah ada atau produk yang sepenuhnya baru dengan melihat situasi pasar sebagai pertimbangan. Penelitian mengenai tren permintaan pasar menjadi senjata utama untuk menentukan produk apa yang perlu dikembangkan oleh perusahaan. Beliau juga mengemukakan mengenai faktor utama penyebab produk baru gagal di pasar karena adanya model bisnis yang salah.

Selain model bisnis, faktor utama penyebab kegagalan di pasar yakni timing serta posisi penempatan produk yang salah, produk tidak sesuai dengan visi utama perusahaan, pemasaran yang buruk, tidak mempunyai daya tarik pada konsumen, produk tidak berkembang sesuai dengan zaman, serta adanya kompetitor yang lebih unggul dalam menciptakan produk yang sama.  Amak juga mengungkapkan bahwa produk atau varian baru produk yang sukses pada pasar selalu mempunyai tiga hal, yakni memberikan nilai baru bagi konsumen, membuat hidup masyarakat lebih baik, serta mempunyai keberlangsungan dalam perusahaan. Oleh karena itu perusahaan perlu mendesain pola pikir dalam pengembangan produk. Sementara pada era digital seperti sekarang, perusahaan perlu menerapkan pengembangan produk berdasarkan teori lean startup. Teori ini menerapkan pemikiran bahwa perusahaan yang menang adalah yang bisa belajar lebih cepat untuk beradaptasi dengan situasi yang ada.

Perusahaan perlu menerapkan siklus pengembangan produk dimulai dari munculnya ide bisnis, lalu dibangun sebagai semacam kode perusahaan, kemudian diukur tingkat kesuksesan serta kegagalannya berdasarkan sentimen pasar dan sumber daya perusahaan, kemudian perusahaan mempelajari segala hal yang berhubungan dengan situasi pasar dan sasaran penjualan berdasarkan data yang akurat, sebelum produk launching pada masyarakat. 

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform/