BATIK KHAS PASURUAN PIKAT MAHASISWA MANCANEGARA

Kunjungan Peserta Summer School SPS UNAIR ke Pendopo Kabupaten Pasuruan

Berita UNAIR Pascasarjana, Senin, 10 Juni 2024  – Gelaran Summer School yang memasuki hari ke-4 terus menghadirkan pengalaman yang menarik bagi para peserta dan instruktur yang berasal dari 18 negara. Kali ini Kabupaten Pasuruan menjadi tuan rumah.

Usai dengan agenda kelas pagi, rombongan bergerak menuju Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Kabupaten Pasuruan, sebanyak 2 Bus dan 2 Mini Bus mendarat di teriknya siang. Akan tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat para instruktur dan peserta untuk mengikuti kegiatan.

Dr. Andriyanto, SH., M.Kes, selaku Pj. Bupati Pasuruan yang menyambut langsung rombongan yang dipimpin oleh Wakil Direktur 3 Sekolah Pascasarjana UNAIR, Prof. Dr. Suparto Wijoyo, SH., M.Hum. dalam sambutannya selaku Pj. Bupati Pasuruan mengucapkan terimakasih atas kemitraan yang telah terjalin selama ini dan agenda kali ini bisa menjadi media dalam mempererat hubungan internasional.

Ditekankan oleh dirinya, bahwa ini saatnya Pasuruan memperkuat sinergi dengan siapapun yang bertujuan untuk kemajuan daerahnya, salah satunya seperti yang terjadi saat ini dimana melalui kehadiran peserta dan instruktur Summer School yang merupakan kali ke-4 di gelar oleh Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga, dimana hal ini bisa nenjadi ajang memperkenalkan dan promosi kebudayaan dan tradisi yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Pasuruan memiliki beberapa potensi wisata, baik wisata alam, wisata budaya, wisata agro dan wisata minat khusus. wisata alam yang dimiliki diantaranya, gunung bromo, air terjun kakek bodho dan putuk truno di kecamatan prigen, pemandian alam banyubiru di kecamatan winongan dan danau ranu di kecamatan Grati.

Sedangkan wisata budaya dan religi berada di masjid cheng hoo di kecamatan pandaan dan candi gunung gangsir di kecamatan beji, berikutnya ada candi belahan di kecamatan gempol dan candi jawi di kecamatan prigen.

Selain dua tersebut diatas tadi adalagi wisata agro dibeberapa tempat. Seperti di kecamatan tutur dengan paket wisata petik apel, agro krisan dan wisata bhakti alam serta juga perkebunan durian. Ada juga di kecamatan rembang dengan komoditas buah berkualitas mangga klonal 21 dan sentra bunga sedap malam.

Kegiatan jamuan makan siang di pendopo yang diawali dengan penampilan tari tradisional “moncher” berlangsung dengan sangat dinamis dengan ritmik. Suasana  semakin meriah saat dipamungkas acara, Pj. Bupati Pasuruan didampingi Wakil Direktur 3 Sekolah Pascasarjana UNAIR turut menyerahkan batik khas Kabupaten Pasuruan kepada para instruktur dan peserta. 

2 Mahasiswa asal luar negeri, Marokhbat atau akrab disapa Mara asal Tajikistan menyampaikan kesannya mengikuti acara ini, dirinya merasa beruntung karena mendapat pengalaman menarik dan pengalaman baru dengan Negara yang memiliki tradisi dan budaya yang berbeda.

Tak ketinggalan Daria Guzhova asal Rusia mengatakan ini pengalaman yang luar biasa bagi dirinya, bisa melihat beragamnya budaya yang jelas ini akan menjadi nilai lebih dari wawasan dan pengetahuan bagi dirinya dalam pengembangan studi dan karirnya.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)