Airlangga Forum, Willy Filosofia, Ketua Gerakan Belanja Produk Indonesia: Kemandirian Perempuan Pelaku UMKM

Airlangga Forum, Willy Filosofia, Ketua Gerakan Belanja Produk Indonesia: Kemandirian Perempuan Pelaku UMKM

Berita UNAIR Pascasarjana, 19 Nov 2022 – Perempuan multitalenta itu luar biasa, tapi perempuan multitalenta yang mandiri itu mengagumkan! Willy Filosofia, perempuan pandai pengelola berbagai wirausaha ini berkesempatan hadir sebagai narasumber dalam kuliah tamu pada peminatan pemberdayaan perempuan, Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Dalam topik “Kemandirian Perempuan Pelaku UMKM”, ketua GERBAPI (Gerakan Belanja Produk Indonesia) sekaligus owner dari Brand FILO&SOFIE ini memulai dengan berbagi kisah tentang sosoknya. Menarik ketika kita dikenalkan caranya saat berada di kondisi tekanan huru hara pekerjaan, ia memilih merilekskan dirinya dengan melakukan traveling, menari, snorkeling dan mewarnai.

Bukan sembarang mewarnai, bermula dari kegiatan inilah, brand FILO&SOFIE miliknya ada. Awalnya Willie bekerja di perusahaan investasi, PT Menara Futures Surabaya sebagai Head Branch Office. Tugasnya tidak hanya satu, selain ia harus menangani klien yang tidak kecil, ia juga harus menangani para manager di perusahaannya, selagi turut tetap menjalankan kewajiban mencapai target perusahaan.

Di tahun 2017, dirinya memutuskan untuk resign dan fokus membesarkan brand FILO&SOFI yang bergerak pada koleksi fashion bertemakan full color atau warna yang berani. Sudah terbiasa multitalenta, pada bisnisnya ia pun melakukan marketing secara mandiri, mulai dari desain, pameran, sampai selling the product. Kemandiriannya sebagai pelaku UMKM terus dilakukan sampai pada akhir 2017 dirinya menerima penghargaan sebagai relawan industri kreatif Jawa Timur oleh Gubernur Jatim saat itu, Pakde Karwo.

Tahun demi tahun terlewati, namun siapa sangka bencana COVID-19 melanda dan membuat bisnisnya mengalami kemunduran. Tetapi dari pandemi ini Willy belajar cara bertahan. Ada 4 cara yang dibagikannya: 1) Cari dan temukan semua hal yang berkaitan dengan kehidupan 2) Tetap optimis 3) Berjejaring dengan semua orang 4) Lakukan saja semua yang terbaik.

Data Badan Pusat Statistik 2021 menunjukkan sebanyak 64,5 persen dari toral UMKM dikelola oleh perempuan. Willy Filosofia adalah salah satu dari banyak orang yang memberikan contoh potensi menuju kemandirian perempuan. Tak lupa, ia menyelipkan pesan bahwa “perempuan tidak boleh malas belajar mengembangkan keuangannya, bisa dimulai melalui hal-hal kecil dengan mencatat pengeluaran, dan tentunya harapan saya kedepan, perempuan bisa berkontribusi pada peningkatan literasi keuangan.”

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform/