Airlangga Forum tema Perempuan Kunci Keberhasilan Ekonomi

Pada hari Selasa (2/2), Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga mengadakan Airlangga Forum edisi ke-15 yang mengusung tema “Belajar ke Gus Ipin Soal Pemberdayaan Perempuan”. Dipandu oleh Assoc. Prof. Suparto Wijoyo (Wakil Direktur III Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga), Airlangga Forum kali ini menghadirkan narasumber-narasumber inspiratif yakni Mochamad Nur Arifin atau Gus Ipin (Bupati Trenggalek), Prof. Badri Munir Sukoco (Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga), dan Dr. Tri Siwi Agustina, SE., M.Si (KPS Magister Pemberdayaan Perempuan Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga).

Dalam diskusi kali ini, Gus Ipin mengungkapkan upaya yang dilakukan Beliau bersama jajaran pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam membangun ekonomi melalui pemberdayaan perempuan yang melibatkan perempuan dalam berbagai aspek kegiatan dan organisasi. Beberapa program yang telah dijalankan dalam rangka pemberdayaan perempuan diantaranya adalah Rumah Perempuan, Smart Center dan Sepeda Keren.

Melalui Rumah Perempuan, Pemerintah Trenggalek mengharapkan untuk mampu memiliki 2.000 pengusaha perempuan yang nantinya dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat Trenggalek. Program tersebut membidik khususnya perempuan muda berusia 18 – 30 tahun. Rumah Perempuan juga menyediakan fasilitas berupa trainer dan coach bagi anggotanya. Trainer merupakan pelatih yang diharapkan bisa membantu untuk memberikan materi pelatihan kewirausahaan. Sedangkan Coach adalah pendamping yang diharapkan bisa mendampingi anak-anak muda perempuan dan dapat memberikan pelatihan agar para perempuan bisa melanjutkan impiannya dalam bidang usaha atau meningkatkan usahanya yang telah dirintis.

Program lain yang tidak kalah menarik yaitu Sepeda Keren. Sepeda Keren merupakan akronim dari Sekolah Perempuan Disabilitas Anak dan Kelompok Rentan Lainnya. Sepeda Keren berfungsi menjadi sekolah nonformal untuk perempuan, disabilitas, anak-anak, dan kelompok rentan lainnya yang akan diedukasi untuk belajar mengambil keputusan. Inovasi dan usaha yang dilakukan oleh Bupati Trenggalek bersama jajarannya memiliki tujuan meningkatkan derajat pengetahuan, kesehatan, kebahagiaan, peran perempuan dalam setiap proses kehidupan, serta meningkatkan kemajuan ekonomi di Trenggalek.

Gus Ipin mengatakan apabila perempuan terlibat dalam perekonomian, sebagian penghasilannya akan kembali kepada anak dan keluarga, sehingga dengan melibatkan perempuan maka kualitas SDM dapat terangkat serta diharapkan tidak ada lagi masalah stunting dan dapat mengurangi masalah sosial. Oleh sebab itu, penting melakukan edukasi, menambahkan kemampuan dan keterampilan kepada wanita demi memperbaiki kualitas SDM dan perbaikan ekonomi melalui pemberdayaan perempuan.

Langkah serta inovasi yang dilakukan Gus Ipin sejalan dengan informasi yang disampaikan oleh Prof. Badri Munir Sukoco. Prof. Badri mengatakan bahwa populasi perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki. Kedepannya perempuan akan memegang peranan penting terhadap ekonomi global. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa 70-80% wanita mendorong pembelian konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa wanita memiliki peranan penting dalam pergerakan ekonomi.

Tidak berhenti pada inovasi yang telah dilakukan, Gus Ipin senantiasa terus belajar dan menambah ilmu pengetahuan terkait pemberdayaan perempuan. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan mengikuti jenjang Pendidikan Magister Pemberdayaan Perempuan di Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga. Dr. Tri Siwi Agustina, SE., M.Si selaku KPS Magister Pemberdayaan Perempuan Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga mengatakan bahwa program studi pemberdayaan perempuan akan siap memberikan ilmu, melakukan diskusi bersama para ahli terkait langkah-langkah yang bisa dilakukan sebagai upaya pemberdayaan perempuan.

Streaming Youtube silahkan klik =
https://www.youtube.com/channel/UCrfhfJGrXrIV5L-IXeU9xrQ/featured

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform/