Airlangga Forum bersama Dr. Soekarwo, Tim Dewan Pertimbangan Presiden RI: Pemenuhan Kebutuhan Pangan & Kemandrian Bangsa

Repost Web Resmi Dewan Pertimbangan Presiden RI, 3 Sept 2021 https://wantimpres.go.id/id/soekarwo-paparkan-solusi-permasalahan-pangan-dalam-podcast-airlangga-forum-sekolah-pascasarjana-universitas-airlangga/

Soekarwo Paparkan Solusi Permasalahan Pangan Dalam “Podcast Airlangga Forum” Sekolah Pascasarjana Universitas AirlanggaAnggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Soekarwo, menjadi narasumber dalam “Podcast Airlangga Forum” dengan tema “Pemenuhan Kebutuhan Pangan dan Kemandirian Bangsa” yang diselenggarakan Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga pada Jumat, 3 September 2021.

Acara ini juga menghadirkan narasumber Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Prof Badri Munir Sukoco, Wakil Direktur III Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Suparto Wijoyo dan Pengamat Pertanian UPN Veteran Jawa Timur Dr. Ir. Zainal Abidin MS.

Dalam paparannya Pakde Karwo menjelaskan permasalahan harga gabah dan beras yang diterima petani pada masa panen raya yang selalu berada di bawah harga pembelian pemerintah, masalah impor pangan dan tidak sinkronnya data pangan. Menurut Pakde Karwo, solusi permasalahan-permasalahan tersebut bisa terjawab melalui transformasi pertanian di sisi hulu dan hilir.

Harapan terwujudnya kedaulatan pangan juga semakin kuat lewat terbentuknya Badan Pangan Nasional melalui Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2021 pada 29 Juli 2021. Pakde Karwo menekankan Badan Pangan Nasional harus menjadi badan yang tangguh dalam mengatur pangan, mampu mengatasi karut marut tata kelola pangan dan mampu memberi nilai tambah bagi petani serta meningkatkan kesejahteraan petani.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform/