Airlangga Forum bersama Agus Dwi Handayana, Direktur Bank Mandiri: Kepemimpinan dalam Menghadapi Situasi Krisis pada Perbankan di Indonesia

Berita Sekolah Pascasarjana UNAIR, 30 Apr 2021 – Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (UNAIR) kembali menggelar webinar rutin pada hari Jumat, 30 April 2021. Webinar kali ini bertema “Transformasi Kepemimpinan Pasca Pandemi COVID-19 di sektor Perbankan”. Hadir sebagai narasumber Agus Dwi Handayana sebagai Direktur Kepatuhan dan SDM Bank Mandiri, Prof Badri Munir Sukoco sebagai Direktur Sekolah Pascasarjana UNAIR, Prof. Dr. Fendy Suhariadi, M.T., Psikolog sebagai KPS S3 PSDM Sekolah Pascasarjana UNAIR, DAN Suparto Wijoyo sebagai Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana UNAIR sekaligus host Airlangga Forum.

Suparto berpendapat bahwa transformasi kepemimpinan perlu untuk mengatasi situasi pandemi, terutama pada sektor perbankan. Sektor perbankan mengalami penurunan pada cashflow, dimana banyaknya pinjaman pembiayaan UMKM serta bisnis mengalami kemacetan pada pembayaran. Sebab utama yakni turunnya daya beli masyarakat yang berujung pada permintaan komoditas produk, sehingga UMKM, perusahaan, serta korporasi mengalami kendala dalam pembayaran pinjaman bank. 

Sementara Agus Dwi berpendapat bahwa  pemimpin yang profesional harus menerapkan apa yang dia percaya, apa yang seharusnya dilakukan kepada timnya, dan apa yang dia pikirkan.  Seorang pemimpin percaya bahwa tujuan tindakannya semata hanya untuk menyelamatkan hajat hidup serta nasib bawahannya, organisasi yang dia pimpin, serta masa depan mereka. Dalam mengatasi situasi pandemi, seorang pemimpin haruslah restrukturisasi manajemen pengeluaran pinjaman bank kepada masyarakat. Selain itu seorang pemimpin harus memiliki tiga skill dalam era globalisasi, yakni kognitif, kontrol emosi terutama dalam skill bersosialisasi, serta penguasaan teknologi. 

Agus juga menambahkan bahwa bank Mandiri sendiri juga menyiapkan para pimpinan, baik pusat maupun cabang agar siap secara fisik dan mental dalam menghadapi disrupsi pandemi. Selain itu para pimpinan dilatih agar bisa beradaptasi pada situasi new normal. namun walaupun sudah menyusun strategi secara terstruktur, para pimpinan juga dipersiapkan untuk menghadapi situasi terburuk, dikarenakan pandemi menyebabkan kelesuan ekonomi dan kehancuran tatanan ekonomi masyarakat.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform/