AIRFOR 173 “Menjelajahi Dampak Perubahan Kebiasaan Konsumen Selama Bulan Suci”

AIRFOR 173 “Menjelajahi Dampak Perubahan Kebiasaan Konsumen Selama Bulan Suci”

 

Berita UNAIR Pascasarjana, Minggu, 24 Maret 2024  –  Airlangga Forum ke-173 membahas dampak perubahan kebiasaan konsumen selama bulan suci Ramadhan, menggali bagaimana pola konsumsi yang berubah mempengaruhi ekonomi lokal dan nasional. Para ahli dari berbagai latar belakang membagikan pandangan mereka tentang fenomena ini.

Dr. Andromeda Qomariah, M.M, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, dalam pandangannya menyebutkan bahwa bulan suci Ramadhan membawa perubahan signifikan dalam pola konsumsi masyarakat dan rumah tangga. Diketahui bahwa kontribusi UMKM terhadap perekonomian Jawa Timur pada tahun 2022 meningkat pesat menjadi 58,30%.  “Peningkatan konsumsi selama bulan suci Ramadhan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi, terutama bagi sektor koperasi dan UMKM. Ini mencerminkan adaptasi cepat masyarakat Jawa Timur terhadap perubahan kebutuhan pasar,” ujarnya.

Dr. Tri Siwi Agustina, S.E., M.Si, Dosen Magister Pengembangan SDM, Sekolah Pascasarjana UNAIR, memberikan perspektif lebih lanjut tentang perubahan pola konsumsi selama bulan suci. “Perubahan pola makanan dan minuman meningkat 45%, karena orang akan melakukan pola konsumsi tersebut untuk membatalkan puasa dan untuk persiapan Hari Raya Idul Fitri,” ungkapnya. Ia juga menyoroti fenomena war takjil yang muncul antara kalangan Islam dan non-Islam, serta masih tingginya peluang permintaan terhadap makanan siap saji dan catering pasca Ramadhan karena budaya makan di luar saat hari libur adalah hal yang sangat digandrungi masyarakat Indonesia.

Dr. Wahyu Aditama Putra Mukti Wibawa, S.E., M.Si, Dosen Magister Ekonomi Kesehatan, Sekolah Pascasarjana UNAIR, menyoroti keunikan Indonesia dalam hal pertumbuhan ekonomi yang ditopang oleh konsumsi karena jumlah penduduk Indonesia yang besar. “Konsumsi kita itu mempengaruhi 55,70% dari pertumbuhan ekonomi kita, dengan 60,6% disumbang oleh UMKM”. Namun demikian, ia mengungkap fakta bahwa selama Bulan Ramadhan pula, karena tingginya aktivitas konsumsi, masyarakat jadi cenderung mengurangi saving.

 

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)