AIRFOR 172 “PENGEMBANGAN SDM MEWUJUDKAN INDONESIA EMAS 2045”

Bagaimana Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (SPS UNAIR) bersama pihak terkait merangkai pemikiran-pemikiran untuk memajukan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045?

Berita UNAIR Pascasarjana, Minggu, 17 Maret 2024  –  15 Maret 2024 kemarin, Sekolah Pascasarjana berkesempatan menerima kehadiran Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono. Kehadirannya dalam forum akademis ini disambut dengan antusias yang baik karena dirinya juga merupakan kandidat doktor program studi pengembangan sumber daya manusia.

Dalam upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045, Prof. Badri Munir Sukoco, S.E., MBA., Ph.D, Direktur Sekolah Pascasarjana UNAIR, sebagai narasumber pertama menyoroti pentingnya peran SDM unggul. Berdasarkan RPJPN 2025-2045, teridentifikasi tiga transformasi penting dalam ekonomi, sosial, dan tata kelola yang harus dilakukan. “Harapannya, beragamnya latar belakang mahasiswa Sekolah Pascasarjana UNAIR ini akan bahu membahu dalam melahirkan pemikiran-pemikiran agar ketiga proses transformasi tadi dapat terlaksana,” ungkapnya.

Prof. Mohammad Nasih, S.E., M.T., Ak, Rektor UNAIR, pada gilirannya memberi pendahuluan bahwa salah satu yang menjadi takaran keberhasilan perguruan tinggi (PT) adalah bagaimana alumninya bisa berkontribusi pada pengembangan masyarakat baik secara lokal, nasional, dan global.

Terkait Indonesia Emas 2045, ada 1 PR yang beliau berikan, utamanya kepada para akademisi di Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bahwa guna mengatasi krisis kualitas SDM yang menjadi salah satu isu rendahnya tingkat SDM Indonesia, Prof. Nasih menginginkan diperbanyak perkuliahan yang sifatnya analitis karena para mahasiswa adalah pemimpin masa depan.

Melengkapi diskusi dalam Airlangga Forum ke-172, Dr. (cand) H. Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.P.A., M.A, Menteri ATR/BPN 2024 menyatakan, “Kalau kita ingin hebat, mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045, maka kita harus mulai dari pembenahan kapasitas sumber daya manusianya”. Kompeten, berwawasan, keterampilan abad ke-21 yang relevan dan berintegritas adalah beberapa aspek yang dirinya garis bawahi.AHY, sapaan akrabnya, juga mengatakan bahwa semua kementerian pada dasarnya menghadapi masalah yang sama yakni SDM. “Untuk itu di sinilah peran UNAIR, Sekolah Pascasarjana, utamanya Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk mencetak pemimpin-pemimpib dan mempersiapkan para pelayan publik. Karena pelayan publik yang baik, membutuhkan kepemimpinan yang efektif,” tutupnya.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platfor