Seminar Nasional SUMBER DAYA ALAM DAN TINDAK PIDANA KORUPSI

image
By deddy Triono On Monday, November 27 th, 2017 · no Comments · In

Acara ini dihadiri pula perwakilan KPK dan para penegak hukum serta para akademisi maupun praktisi pertambangan. Isu korupsi dari sektor SDA membutuhkan perhatian publik dan penegakan hukum yang serius. Dunia pertambangan yang ramah lingkungan dan bebas korupsi merupakan cita ideal yang harus terus diperjuangkan.

Kembalikan makna SDA untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat sebagaimana diatur dalam Pasal 33 UUD 1945. Evaluasi semua pertambangan yang tidak membuat rakyat di daerah kaya tambang itu makmur.

Apabila daerah kaya tambang tapi rakyatnya miskin bahkan IPM rendah, ini merupakan kejahatan terhadap konstitusi dan merendahkan makna negara.

Investasi pertambangan yang tidak mensejahterakan rakyat wajib dihentikan dan para akademisi tetaplah menjadi kekuatan moral dan intelektual, jangan jadi antektual yang memberikan juatifikasi pelanggaran atas pengerukan SDA.

Koalisi strategis antara penguasa dan pengusaha sektor pertambangan sudah sangat kentara dan kerap menentukan pilkada di daerah.

Kampus harus mampu menjadi peneguh perjuangan memantapkan berlakunya UUD 1945 demi gelora TAMBANG UNTUK KESEJAHTERAAN RAKYAT.

Terus berkhidmat untuk negara. Suparto Wijoyo, Koordinator Magister Sains Hukum dan Pembangunan Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga pada Sabtu, 25 November 2017 menjadi Pembicara Utama Seminar Nasional SUMBER DAYA ALAM DAN TINDAK PIDANA KORUPSI yang diselenggarakan oleh Program Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.