SEJARAH

SEJARAH SEKOLAH PASCASARJANA

Program Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair) merupakan kelanjutan studi mahasiswa untuk jenjang S2 dan S3. Program studi yang dibuka umumnya merupakan sinergi lintas disiplin ilmu (multidispliner), terutama untuk menjawab persoalan-persoalan di tengah masyarakat. Kini Program Pascasarjana Universitas Airlangga membuka 12 program studi, baik S2 maupun S3. Program Pascasarjana Universitas Airlangga telah meluluskan ratusan alumni yang menempati berbagai sektor penting, baik di instansi pemerintahan maupun sipil.

 

Pendidikan Pascasarjana di Unair sebenarnya sudah dimulai sejak didirikannya Unair pada tanggal 10 November 1954. Promosi untuk mendapatkan gelar doktor telah diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 1959 dan dalam kurun waktu 1959 – 1976 Unair telah menghasilkan 10 orang doktor. Pada waktu itu untuk memperoleh gelar doktor digunakan program bebas.

 

Mulai Tahun 1976 dikembangkan program doktor dengan biaya dari Tim Pengelola Program Doktor (TMPD) dan program pendidikan S2 dengan tiga program studi, yaitu Program Studi Ilmu Kedokteran Dasar, Ilmu Kedokteran Gigi, dan Ilmu Hukum. Kemudian menyusul Program Studi Ilmu Ekonomi (1981), Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (1982), dan Program Studi Ilmu Farmasi (1983).

 

Pada awalnya program pascasarjana bernama Fakultas Pascasarjana yaitu berdasarkan PP No. 5/1980 dan PP No.27/1981. Namun, Fakultas Pascasarjana baru berjalan setelah pengangkatan Dekan Fakultas Pascasarjana berdasarkan surat Kepmendikbud Nomor: 23497/C/I/1983 tanggal 10 Maret 1983. Dengan demikian Fakultas Pascasarjana Unair dianggap berdiri sejak tahun 1983 dan kegiatan-kegiatan sebagai Fakultas dimulai pada tahun ajaran baru September 1983.

 

Pada tahun 1991 Fakultas Pascasarjana berubah nama menjadi Program Pascasarjana hingga saat ini. Perubahan nama ini berdasarkan pada Kepmendikbud RI No. 0311/O/1991 Tentang Penutupan Fakultas Pascasarjana dan Pembukaan Program Pascasarjana di Lingkungan Universitas dan Institut Negeri dan disahkan dengan Keputusan Rektor Unair No. 2444/PT03.H/E/1992 Tentang Penutupan Fakultas Pascasarjana dan Pembukaan Program Pascasarjana Universitas Airlangga.

 

Program Pascasarjana Unair pada saat ini hanya mengelola program magister dan program doktor yang bersifat multidisiplin. Sementara, program magister dan program doktor yang bersifat interdisiplin dan monodisiplin dikelola oleh masing-masing Fakultas. Model pengelolaan ini didasarkan pada Surat Keputusan Rektor Unair No. 1947/H3/KR/2011 tentang Penetapan Ruang Lingkup Program Studi dalam Katagori Monodisiplin, Interdisiplin, dan Multidisiplin.

 

Sejak tanggal 24 Februari 2012 Program Pascasarjana mengelola sepuluh (10) program magister multidisiplin (Ilmu Forensik, Imunologi, PSDM, Sains Hukum dan Pembangunan, Sains Ekonomi Islam, Bioteknologi Perikanan dan Kelautan, Kajian Ilmu Kepolisian, Hak Kekayaan Intelektual, Manajemen Bencana, dan Teknobiomedik) dan dua (2) program doktor multidisiplin (PSDM dan Ilmu Ekonomi Islam). Dengan demikian, pada saat ini secara keseluruhan ada dua belas (12) program studi di bawah Program Pascasarjana.

 

VISI

menjadi pusat pendidikan dan penelitian yang mandiri, inovatif, unggul di tingkat nasional dan internasional dengan perspektif multidisiplin, berdasarkan moral agama untuk pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan program studi yang unggul pada jenjang magister dan doktor dengan perspektif multidisiplin dan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi bertaraf nasional dan internasional;
  2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian unggulan dengan perspektif multidisiplin, bertaraf nasional dan internasional, dengan mengedepankan kearifan lokal;
  3. Menerapkan ilmu pengetahuan dengan perspektif multidisiplin untuk berkontribusi dalam penyelesaian berbagai permasalahan bangsa dan kemanusiaan.

 

KONTAK FAKULTAS

  • Gedung Sekolah Pascasarjana
  • Kampus B Universitas Airlangga Surabaya
  • Jalan Airlangga 4 – 6 Surabaya, Indonesia 60285
  • Telp. : +62 – 031 – 5041566, 5041536
  • Fax : +62 – 031 – 5029856