Pembangunan Industri dalam Rangka Meningkatkan Perekonomian dan Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur

image
By Pasca On Thursday, January 25 th, 2018 · no Comments · In

Mengutip tulisan Albert Camus, Janganlah engkau berjalan didepanku, karena aku bukan pengikutmu, dan janganlah pula berjalan dibelakangku, karena engkau bukan pengikutku, tapi berjalanlah disampingku, karena engkau sahabatku. Membangun Jawa Timur bukan dengan bertanding akan tetapi bersanding, Suparto Wijoyo Koordinator Magister Sains Hukum dan Pembangunan Sekolah Pascasarjana Universitas saat menjadi moderator dari acara Public Hearing yang diadakan Komisi B DPRD Jawa Timur dengan tema Pembangunan Industri dalam Rangka Meningkatkan Perekonomian dan Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur. hadir pula sebagai nara sumber Ignatius Warsito Sekretaris Ditjen Pengembangan Perwilayahan Industri – Kementerian Perindustrian dan Didik Purbadi Vice President Kawasan Industri Jababeka

Dalam sambutannya Pakde Karwo Gubernur Jawa Timur menyampaikan bahwa menanggapi situasi dan kondisi yang terjadi saat ini dimana Pemerintah Pusat akan melakukan impor beras secara besar-besaran ditegaskan bahwa Provinsi Jawa Timur menolak beras impor masuk karena Jawa Timur surplus sebesar 5.135.177 ton.

Akan tetapi Jawa Timur mempersilahkan bila Pemerintah Pusat memanfaatkan Jawa Timur sebagai tempat transit, sebagai bentuk konsekwensi wilayah yang tepat berada di tengah-tengah Indonesia dan ini berguna agar biaya pengiriman keseluruh wilayah bisa lebih murah.

Ditambahkan pula sikap Pemerintah Pusat mendorong penggunaan IT sebagai langkah sebagai pemula bisnis atau dalam istilah saat ini “Start Up” tanpa mempedulikan iklim Industri dalam negerinya adalah sikap yang memprihatinkan. Menurutnya sikap tersebut membuat negara mendorong masyarakatnya untuk menjadi para pedagang barang luar negeri dan ini sama saja memposisikan diri sebagai budak gaya baru di era liberalisasi. Tidak menjadi produsen hanya menjadi pedagang. Ini bentuk ekonomi yang tidak berideologi.

Teknologi Informasi yang semakin deras dan marak dibincangkan harusnya didorong untuk lebih aplikatif ke bidang Industri, termasuk dalam hal pertanian, peternakan sehingga segala aktifitas dan pergerakan dapat terpantau dengan jelas termasum dalam hal data pun kita bisa memiliki data yang valid.

Pada yang kecil Pemerintah harusnya memberi intervensi agar mereka bisa bersaing, kebijakan kena pajak untuk seluruh kalangan yang dihadirkan oleh Pemerintah Pusat akan dapat menyebabkan situasi dan kondisi ekonomi terutama untuk Industri Kecil Menengah sangat memberatkan dan bisa berakibat mematikan.

Sebagai tanda silaturahmi kebangsaan Suparto Wijoyo menyerahkan 2 buah buku berjudul Kakawin Sutasoma dan Nagara Krtagama kepada Pakde Karwo.

%d bloggers like this: