KURIKULUM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

By deddy Triono On Friday, December 08 th, 2017 · no Comments · In

Program Magister Program Studi Ilmu Pengembangan Sumber Daya Manusia didirikan pada tahun 1999 berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 86/DIKTI/Kep/1999 tanggal 26 Maret 1999.

Saat pertama kali menyelenggarakan program pembelajaran pada tahun akademik 1999/2000, hingga kini PSDM diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan memiliki latar belakang profesi berbeda serta latar belakang pendidikan sarjana yang berbeda pula.

Pengelolaan PSDM semula berada di bawah Program Pascasarjana Universitas Airlangga hingga tahun akademik 2007/2008. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Universitas Airlangga Nomer 5788/J03/PP/2007 Tanggal 30 Juli 2007 tentang alih kelola Program Magister di lingkungan Universitas Airlangga, pengelolaan PSDM berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga (FISIP Unair) dan pada tahun 2011 kembali ditempatkan pada Program Pascasarjana sebagai konsekuensi atas klaim bahwa S2 PSDM adalah program multidisipliner dan tetap memiliki 3 (tiga) minat Studi yaitu Minat Studi PSDM Industri dan Bisnis, Minat Studi PSDM Pemerintah, dan Minat Studi PSDM Keluarga & Masyarakat.

PSDM telah dikareditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2003. Berdasarkan SK BAN-PT Nomor 071/BAN-PT/AK-II/S2/XI/2003, PSDM terakreditasi dengan nilai B. Selanjutnya berdasarkan SK BAN-PT Nomor 006/BAN-PT/Ak-VII/S2/VII/2009, PSDM melakukan reakreditasi dengan hasil status peringkat B.

1.1 VISI

        Menjadi program studi pengembangan sumberdaya manusia yang inovatif,   profesional, unggul dan mampu bersaing secara nasional dan global berdasarkan   integritas moral.

1.2 MISI

  1. Mengembangkan pendidikan yang mampu mendorong dan memfasilitasi mahasiswa untuk memiliki kapasitas akademik yang unggul, inovatif dan profesioanl serta mampu bersaing secara nasional dan global
  2. Mengembangkan penelitian yang unggul, inovatif, profesional dan mendukung kapasitas akademik mahasiswa dan dosen serta menjunjung tinggi etika akademik
  3. Mengembangkan pengabdian pada masyarakat yang unggul, inovatif, profesional dan mendukung kapasitas akademik mahasiswa dan dosen serta mampu mendorong kapasitas masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidupnya.

1.3 PROFIL LULUSAN

Lulusan program studi Magister Pengembangan Sumberdaya Manusia mempunyai profil:

  1. Decision Maker. Lulusan S2 Magister Pengembangan SDM mampu memerankan diri sebagai Pengambil Keputusan dalam persoalan yang berkaitan dengan pengembangan sumberdaya manusia secara inovatif, profesional, unggul dengan didasari integritas moral.
  2. Lulusan S2 Magister Pengembangan SDM mampu memerankan diri sebagai Pengelola dalam pengembangkan sumberdaya manusia secara inovatif, profesional, unggul dengan didasari integritas moral.
  3. Lulusan S2 Magister Pengembangan SDM mampu memerankan diri sebagai pengkaji dalam persoalan yang berkaitan dengan pengembangan sumberdaya manusia secara inovatif, profesional, unggul dengan didasari integritas moral.

1.4. Deskripsi Jenjang Kualifikasi KKNI level 8 (Setara S2)

            Berikut ini adalah  Deskripsi jenjang kualifikasi KKNI level 8 yang setara dengan S2, dikutip dari Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) 2012

KKNI

Learning Outcome

Mampu 1) mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji. 1.Mampu mengambil keputusan yang berkaitan dengan  program pengembangan sumberdaya manusia di institusi secara efektif sesuai dengan prinsip profesionalitas yang didasarkan pada integritas moral.(DECISION MAKER)

 

Mampu 2) memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner. 2.Mampu mendesain dan mengimplementasikan prinsip-prinsip pengembangan sumberdaya manusia di institusi secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsip profesionalitas yang didasarkan pada integritas moral (MANAJER)
Mampu 3) mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu 4) mendapat pengakuan nasional maupun internasional. 3.Mampu mengelola riset yang berkaitan dengan  program pengembangan  sumberdaya manusia di institusi secara efektif sesuai dengan prinsip profesionalitas yang didasarkan pada integritas moral (PENELITI)

 

 

1.5 Capaian Pembelajaran atau Learning Outcome

Pada akhir pendidikan peserta didik Program Studi Magister Pengembangan Sumberdaya Manusia akan:

  1. Mampu mengambil keputusan yang berkaitan dengan program pengembangan sumberdaya manusia di institusi secara efektif sesuai dengan prinsip profesionalitas yang didasarkan pada integritas moral.(DECISION MAKER)
  2. Mampu mendesain dan mengimplementasikan prinsip-prinsip pengembangan sumberdaya manusia di institusi secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsip profesionalitas yang didasarkan pada integritas moral (MANAJER)
  3. Mampu mengelola riset yang berkaitan dengan program pengembangan  sumberdaya manusia di institusi secara efektif sesuai dengan prinsip profesionalitas yang didasarkan pada integritas moral (PENELITI)