KURIKULUM BIOTEKNOLOGI PERIKANAN DAN KELAUTAN

By deddy Triono On Friday, December 08 th, 2017 · no Comments · In

Program Studi Strata 2 Bioteknologi Perikanan dan Kelautan (S2 BPK)  Program Pascasarjana Universitas Airlangga termasuk dalamProgram Studi yang multi disiplin yang  bertujuan mendidik para sarjana strata 1 dari berbagai disiplin ilmu (perikanan, kelautan, MIPA/ sain teknologi, farmasi, peternakan, pertanian, Perikanan dan Kelautan, Kedokteran Hewan dan bidang lain yang terkait).

Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi S2 BPK melalui mekanisme pembentukan tim penyusun proposal pendirian program, Tim penyusun selanjutnya mempelajari Visi, Misi, dan Tujuan Universitas Airlangga dan Program Pascasarjana  serta menampung masukan dari stake holder dan reviewer baik dari Universitas melalui telaah pendirian Program Studi maupun melalui monitoring dan evaluasi internal.

Untuk meningkatkan dan mengembangkan dalam bidang penelitian, maka  penyusunan tesis, mahasiswa diarahkan untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan bioteknologi bidang kesehatan biota akuatik dan lingkungan, Akuakultur dan industri pengolahan hasil perikanan dan kelautan. Adapun visi, misi, profil dan capaian pendidikan Program Studi S2 Bioteknologi Perikanan dan Kelautan disajikan dalam uraian berikut :

1.1. Visi

Visi dari Program Studi S2 (Magister) Bioteknologi Perikanan dan Kelautan adalah menjadi program studi yang mandiri, inovatif dan unggul dalam pengembangan   ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang bioteknologi perikanan dan kelautan di tingkat nasional  maupun internasional berdasarkan nilai-nilai moral agama.

1.2 Misi

Misi dari Program Studi S2 (Magister) Bioteknologi Perikanan dan Kelautan Program Pascasarjana adalah :

  • Menyelenggarakan pendidikan yang efektif untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang bioteknologi perikanan dan kelautan sebagai upaya untuk meningkatkan produksi.
  • Menyelenggarakan pendidikan yang dapat menghasilkan penelitian dalam bidang bioteknologi perikanan dan kelautan yang bertaraf nasional maupun internasional.
  • Menyelenggarakan pendidikan bidang bioteknologi perikanan dan kelautan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat

1.3.  Profil Lulusan

Lulusan program studi Magister (S2) Bioteknologi Perikanan dan Kelautan mempuyai profil menjadi : Decision Maker, Researcher, Manager dan Planer.

1. Decision Maker

Berperan serta dalam memecahkan permasalahan yang muncul di berbagai masyarakat terutama dalam bidang kesehatan, akuakultur dan pengolahan industri dalam upaya peningkatan produksi perikanan dan kelautan  melalui pendekatan bioteknologi.

2. Researcher

Menjadi peneliti yang  kreatif,  inovatif melalui pendekatan teoritik, konsep dan paradigma yang sesuai dengan bidang bioteknologi perikanan dan kelautan terutama kesehatan biota akuatik, akuakultur dan pengolahan hasil melalui kegiatan penelitian yang dapat diakui secara nasional maupun internasional.

3. Manager

Berpartisipasi dalam mengembangkan konsep baru ilmu pengetahuan danteknologi khususnya bidang bioteknologi kesehatan, akuakultur dan pengolahan hasil dalam upaya peningkatan produksi perikanan dan kelautan berkualitas ekspor.

4. Planer

Berpartisipasi dalam mengembangkan dan merancang konsep baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya bioteknologi kesehatan biota akutik, akuakultur dan pengolahan hasil dalam upaya peningkatan produksi perikanan baik secara kuantitas maupun kualitas.

1.4. Capaian Pembelajaran dan Sub Capaian Pembelajaran  

Berdasarkan keunggulan sumberdaya manusia (SDM) yang ada Universitas Airlangga, maka capaian pembelajaran dan sub pembelajaran Program Studi S2 (Magister) Bioteknologi Perikanan dan Kelautan adalah sebagai berikut :

A. Lulusan Prodi BPK mampu menganalisis kesehatan biota perairan dan lingkungan dengan tepat tentang rekayasa akuakultur dan produk berbasis bioteknologi yang dapat diterapkan pada bidang perikanan dan kelautan untuk meningkatkan produksi (Desicion Maker).

  • Mampu menganalisis peran filsafat ilmu dalam mendasari dan menunjang pengembangan ilmu pengetahuan khususnya bidang biteknologi kesehatan biota dan lingkungan bioteknologi akuakultur dan bioteknologi hasil perikanan dan kelautan berdasarkan kaidah-kaidah filsafat ilmu yang telah baku
  • Mampu menguraikan gambaran tentang fisiologi biota akuatik guna mendukung peningkatan produksi perikanan yang berkualitas dan bebas penyakit.
  • Mampu menganalisis hasil biosintesa protein, DNA, RNA dan Struktur Makro molekul untuk mendukung kesehatan biota akuatik sesuai dasar teori yang benar.
  • Mampu menganalisis struktur dan fumgsi sel, interaksi dan komunikasi, regulasi, ekspresi gen, replikasi, transkrpsi, translasi, enzim restriksi, ligasi dan rekombinan DNA yang berkaitan dengan biota akuatik untuk meningkatkan produksi perikanan dan kelautan yang berkualitas dan bebas penyakit.
  • Mampu menganilisis berbagai macam penyakit pada ikan baik yang disebabkan oleh parasit, bakterial, mikal dan viral pada ikan serta akibat yang ditimbulkan berdasarkan diagnostik molekuler yang tepat.

B. Lulusan Prodi BPK mampu menciptakan biota akuatik dan lingkungan yang sehat, metode rekayasa akuakultur baik tawar, payau maupun laut dan produk olahan berbasis pada bidang bioteknologi perikanan dan kelautan yang dapat meningkatkan produksi berkualitasekspor (Researcher).

  • Mampu menciptakan  karya ilmiah dalam bidang bioteknologi kesehatan biota akuatik dan lingkungan, rekayasa akuakultur dan hasil perikanan serta kelautan yang baik secara nasional maupun internasional.
  • Mampu menciptakan induk dan benih boiota akuatik yang berkualitas dan bebas penyakit melalui rekayasa akuakultur untuk peningkatan produksi perikananan budidaya berbasis pada bioteknologi reproduksi yang dapat dikembangkan diIndonesia.
  • Mampu menciptakan metode pencegahan penyakit dalam upaya yang berkualitas dan sehat untuk mendukung pengembangan akuakultur yang berbasis pada bioteknologi molekuler.
  • Mampu menciptakan inovasi baru dari ikan dan udang yang tahan terhadap infeksi patogen maupun cekaman lingkungan untuk meningkatkan produksi perikanan budidaya dengan berbasis bioteknologi molekuler.
  • Mampu menganalisis DNA rekombinan dari gen biota akuatik untuk mendukung peningkatan bioteknologi akuakultur berdasarkan teori dan praktek  rekayasa genetika secara teliti dan tepat.

C. Lulusan Prodi S2 BPK mampu mengembangkan hasil bioteknologi akuakultur dan industri hasil perikanan dan kelautan dalam berbagai jenis produk olahan yang sehat, layak dan aman serta berkualitas ekspor dengan jelas dan baik (Manajer).

  • Mampu mengembangkan teknik analisis kimia dan molekuler untuk mendukung kualitas produk perikanan dan kelautan  yang, sehat, layak dan aman dikonsumsi oleh konsumen.
  • Mampu mengembangkan cara penggunaan dan efektifitas obat terhadap infeksi patogen pada biota akuatik sehingga hasil produk olahannya tidak mengaandung residu obat berbasis bioteknologi molekuler.
  • Mampu merumuskan peranan bioaktif metabolit dari biota akuatik secara biological and clinical evaluasion untuk pengembangan industri hasil perikanan dan kelautan sesuai dengan dasar teori eksplorasi molekuler.
  • Mampu menciptakan kondisi lingkungan perairan sebagai media hidup biota akuatik yang berkualitas dan sehat untuk mendukung pengembangan akuakultur yang berbasis pada bioremediasi.

D. Lulusan Prodi BPK mampu merancang kesehatan biota perairan dan lingkungan, rekayasa akuakultur dan produk berbasis bioteknologi yang dapat diterapkan pada bidang perikanan dan kelautan untuk meningkatkan produksi (Planer)

  • Mampu menyusun metode budidaya biota perairan berbasis bioteknologi akuakultur yang dapat menghasilkan produksi perikanan dan kelautan yang berkualitas ekspor.
  • Mampu merancang industri hasil perikanan dan kelautan yang berbasis bioteknologi dan mendukung produk olahan yang berkualitas ekspor.
  • Mampu merancang industri hasil perikanan yang berbasis bioteknologi bahan aktif biota laut yang berkualitas dan layak serta aman digunakan oleh konsumen.
  • Mampu merancang formulasi dan teknologi proses pengolahan nutrisi biota akuatik yang dapat mendukung peningkatan produksi perikanan budidaya yang berkualitas ekspor.
  • Mampu merancang lingkungan perairan yang berkualitas dan sehat untuk mendukung kesehatan biota akuatik yang berbasis pada bioteknologi molekuler.